Page 136 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 136
I I 'ordoni, l'nnhtlruam•l 1/er~ ua!ira.1: ;.:on\£'!'· ..
seseorang yang sangat berhasrat untuk belajar sepanjang hayat,
model orang yang mempunyai komitmen tinggi untuk selalu
memperbaiki diri, serta model perilaku kepimimpinan yang kuat
dan berwibawa. Jika ini dapat ditunjukkan oleh orang tua di rumah
dan guru di sekolah, satu langkah dalam mengembangkan
pembelajaran berkualitas sudah diayunkan.
Penggunaan model dalam pembelajaran dapat dikaitkan
dengan semboyan lama ketika citra guru masih sangat tinggi di
masyarakat, sehingga muncul ungkapan: guru dapat digugu dan
ditiru. Untuk menjadi orang yang dapat digugu dan ditiru, dengan
perkataan lain untuk dapat berperan sebagai model bagi
siswanya, guru perlu mengusahakan beberapa hal, antara lain:
selalu menunJukkan hasrat belajar yang tak pernah berakhir,
keinginan untuk selalu memperbaiki diri, serta mencontohkan
berbagai keterampilan atau penerapan konsep yang sedang
dipelajari. Hasrat belajar yang tak pernah berakhir, misalnya,
dapat ditunjukkan dengan membaca berbagai sumber dan
memberi tugas kepada siswa untuk membaca sumber tertentu,
selalu mencari informasi baru. atau mengajak siswa bersama-
sama mencari jawab satu pertanyaan yang kompleks. Keinginan
untuk selalu memperbaiki diri dapat dimodelkan dari peningkatan
kualitas tugas yang diberikan kepada para siswa, menggunakan
media pembelajaran dari yang paling sederhana sampai yang
paling mutakhir, memberikan masukan terhadap tugas-tugas
siswa dengan cara bervariasi, yang makin lama makin
meningkatkan kemampuan siswa untuk memperbaiki kekurangan-
nya. Akhirnya, contoh keterampilan yang dapat dimodelkan oleh
guru antara lain: kebiasaan guru menggunakan bahasa Indonesia
yang baik dan benar, menyampaikan pendapat secara sopan,
menerima pendapat orang lain (misalnya siswa) dengan lapang
dada, mencontohkan gerakan melompat oleh guru Pendidikan
120