Page 136 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 136

I I 'ordoni,  l'nnhtlruam•l  1/er~ ua!ira.1:  ;.:on\£'!'· ..



             seseorang  yang  sangat  berhasrat  untuk  belajar sepanjang  hayat,
             model  orang  yang  mempunyai  komitmen  tinggi  untuk  selalu
             memperbaiki  diri,  serta  model  perilaku  kepimimpinan  yang  kuat
             dan berwibawa. Jika ini dapat ditunjukkan oleh orang tua di  rumah
             dan  guru  di  sekolah,  satu  langkah  dalam  mengembangkan
             pembelajaran berkualitas sudah diayunkan.
                    Penggunaan  model  dalam  pembelajaran  dapat  dikaitkan
             dengan  semboyan  lama  ketika  citra  guru  masih  sangat  tinggi  di
             masyarakat,  sehingga  muncul  ungkapan:  guru  dapat digugu  dan
             ditiru.  Untuk menjadi  orang yang  dapat digugu dan  ditiru,  dengan
             perkataan  lain  untuk  dapat  berperan  sebagai  model  bagi
             siswanya,  guru  perlu  mengusahakan  beberapa  hal,  antara  lain:
             selalu  menunJukkan  hasrat  belajar  yang  tak  pernah  berakhir,
             keinginan  untuk  selalu  memperbaiki  diri,  serta  mencontohkan
             berbagai  keterampilan  atau  penerapan  konsep  yang  sedang
             dipelajari.  Hasrat  belajar  yang  tak  pernah  berakhir,  misalnya,
             dapat  ditunjukkan  dengan  membaca  berbagai  sumber  dan
             memberi  tugas  kepada  siswa  untuk  membaca  sumber  tertentu,
             selalu  mencari  informasi  baru.  atau  mengajak  siswa  bersama-
             sama  mencari jawab satu  pertanyaan  yang  kompleks.  Keinginan
             untuk selalu  memperbaiki diri  dapat dimodelkan dari  peningkatan
             kualitas  tugas  yang  diberikan  kepada  para  siswa,  menggunakan
             media  pembelajaran  dari  yang  paling  sederhana  sampai  yang
             paling  mutakhir,  memberikan  masukan  terhadap  tugas-tugas
             siswa  dengan  cara  bervariasi,  yang  makin  lama  makin
             meningkatkan kemampuan siswa untuk memperbaiki kekurangan-
             nya.  Akhirnya,  contoh  keterampilan  yang  dapat  dimodelkan  oleh
             guru antara lain:  kebiasaan guru menggunakan bahasa Indonesia
             yang  baik  dan  benar,  menyampaikan  pendapat  secara  sopan,
             menerima  pendapat  orang  lain  (misalnya  siswa)  dengan  lapang
             dada,  mencontohkan  gerakan  melompat  oleh  guru  Pendidikan




             120
   131   132   133   134   135   136   137   138   139   140   141