Page 138 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 138

memungkinkan  siswa  belajar.  Perilaku  ini  akan  bervariasi  sesuai
            dengan tingkat penguasaan guru  terhadap materi yang diajarkan,
            pemahamannya  terhadap  peserta  didik,  serta  penguasaannya
            terhadap  kiat  pembelajaran  yang  mendidik  yang  antara  lain
            cJ1tentuk;:m  oleh  penguasaan keterampilan  dasar mengajar. Dalam
            konteks  in1  juga  perlu  digarisbawahi  dua  perilaku  guru  yang
            dilandAsi  oleh  kemampuan  yang  sangat  kompleks,  yaitu
            mengambil keputusan situasional dan keputusan transaksional.
                   Sebagai  fasilitator,  guru  berperan  menyediakan  kondisi
            beiAjar  yang  kondusif  yang  memungk1nkan  siswa  betah  belajar di
            c!alamnya.  Perilaku  sebagai  fasilitator  dapat  ditunjukkan  dengan
            keterampilan  berkomunikasi  antar  pribadi  yang  tercermin  antara
            lain  dalam  sikap  empati.  peka  dan  tanggap  pada  masalah  yang
            cJ1harlapi  siswa,  memberikan  balikan  dan  penguatan  yang
            membuat siswa merasa terbantu dan  termotivasi, serta keikhlasan
            untuk membantu siswa.
                   Untuk membantu guru memainkan peran tersebut dengan
            sempurna,  ada  berbagai  upaya  yang  dapat  dilakukan,  baik  oleh
            guru  secara  pribadl,  maupun oleh  sekolah  sebagai satu  lembaga.
            Secara  pribadi.  guru  dapat  mengupayakan  berbagai  hal,  mulai
            dRn  menumbuhkan  keinginan  untuk  berubah  ke  arah  yang  lebih
            bRik.  sampai  kepada  tindakan  kongkrit  untuk  mengubah  diri,
            seperti  melakukan  refleksi  terhadap  kineqa  sendiri,  mengidentifi-
            kasi  kelemahan  dan  kekuatan  diri,  berlatih  menguasai keterampil-
            an  dasar mengajar yang dianggap masih lemah, belajar mengenal
            s1swR  secara  lebih  baik.  serta  belajar  menggunakan  berbagai
            mediA dEHi  yang  seclerhRna  sampai yang paling canggih.
                   Dari  sisi  sekolah  sebagai  satu  lembaga,  upaya  yang
            dFtpRt  dliakukFtn  adalah  menyediakan kesempatan  bagi para guru
            untuk  meningkatkan  kemampuan  secara professional.  Kesempat-
            an  itu  misalnya.  mengikuti  pelatihan   yang  berkaitan  dengan
            pembelajaran,  mengikuti seminar pendidikan,  mengadakan perle-



            122
   133   134   135   136   137   138   139   140   141   142   143