Page 138 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 138
memungkinkan siswa belajar. Perilaku ini akan bervariasi sesuai
dengan tingkat penguasaan guru terhadap materi yang diajarkan,
pemahamannya terhadap peserta didik, serta penguasaannya
terhadap kiat pembelajaran yang mendidik yang antara lain
cJ1tentuk;:m oleh penguasaan keterampilan dasar mengajar. Dalam
konteks in1 juga perlu digarisbawahi dua perilaku guru yang
dilandAsi oleh kemampuan yang sangat kompleks, yaitu
mengambil keputusan situasional dan keputusan transaksional.
Sebagai fasilitator, guru berperan menyediakan kondisi
beiAjar yang kondusif yang memungk1nkan siswa betah belajar di
c!alamnya. Perilaku sebagai fasilitator dapat ditunjukkan dengan
keterampilan berkomunikasi antar pribadi yang tercermin antara
lain dalam sikap empati. peka dan tanggap pada masalah yang
cJ1harlapi siswa, memberikan balikan dan penguatan yang
membuat siswa merasa terbantu dan termotivasi, serta keikhlasan
untuk membantu siswa.
Untuk membantu guru memainkan peran tersebut dengan
sempurna, ada berbagai upaya yang dapat dilakukan, baik oleh
guru secara pribadl, maupun oleh sekolah sebagai satu lembaga.
Secara pribadi. guru dapat mengupayakan berbagai hal, mulai
dRn menumbuhkan keinginan untuk berubah ke arah yang lebih
bRik. sampai kepada tindakan kongkrit untuk mengubah diri,
seperti melakukan refleksi terhadap kineqa sendiri, mengidentifi-
kasi kelemahan dan kekuatan diri, berlatih menguasai keterampil-
an dasar mengajar yang dianggap masih lemah, belajar mengenal
s1swR secara lebih baik. serta belajar menggunakan berbagai
mediA dEHi yang seclerhRna sampai yang paling canggih.
Dari sisi sekolah sebagai satu lembaga, upaya yang
dFtpRt dliakukFtn adalah menyediakan kesempatan bagi para guru
untuk meningkatkan kemampuan secara professional. Kesempat-
an itu misalnya. mengikuti pelatihan yang berkaitan dengan
pembelajaran, mengikuti seminar pendidikan, mengadakan perle-
122