Page 132 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 132

H'rmlani,  l'nn/wlaJaran  f?erkualf/as:  Kmnep ..


               pendapat  siswa  yang  berbeda  dari  pendapatnya,  atau
               meminta siswa untuk berbagi informasi.
            5.  Siswa  terlibat  secara  aktif  (intelektual-emosional)  dalam
               pembelajaran, sementara guru berperan sebagai lasilitator.
           6.  Kegiatan  atau  pengalaman  belajar  yang  dihayati  siswa
               merupakan  pengalaman  yang  bermanlaat,  yang  tidak  mudah
               dilupakan.  Pengalaman ini membuat siswa memiliki kerinduan
               akan  belajar,  sehingga  mereka  tertantang  untuk  menjelajahi
               lingkungannya.
           7.  Pengalaman  belajar  yang  dihayati  oleh  para  siswa   tidak
               hanya memfasilitasi terbentuknya dampak instruksional, tetapi
               juga  memungkinkan  terbentuknya  dampak  pengiring,  seperti
               kebiasaan  untuk  berpikir  kritis,  bertanggung  jawab,  disiplin,
               bekerja sama, dan menghormati pendapat orang lain.


           C.  Penerapan di  Lapangan
                   Bagaimana  konsep  pembelajaran  berkualitas  yang  Ielah
           dideskripsikan  di  alas  dapat  diterapkan  di  lapangan?  Jawaban
           pertanyaan  ini  tentu  tidak  mudah  karena  melibatkan  seluruh
           komponen  yang  terkail  dengan  sekolah/pembelajaran.  Cara
           penerapan  di  lapangan  barangkali  dapat  dilakukan  dengan
           berbagai  variasi,  sesuai  dengan  kondisi  masing-masing  sekolah,
           namun  prinsip-prinsipnya  barangkali  tidak  jauh  berbeda.  Berikut
           ini  diuraikan  upaya/langkah  yang  dapat  dipertimbangkan  dalam
           mewujudkan pembelajaran berkualitas.


           1.  Kebijakan  tentang Pembelajaran
                   Perubahan  ke  arah  penerapan  pembelajaran  berkualitas
           seyogyanya  diawali  dengan  kebijakan  yang  terkait  dengan
           pembelajaran,  terutama  tolok  ukur  yang  digunakan  untuk  menilai




           116
   127   128   129   130   131   132   133   134   135   136   137