Page 127 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 127
Cnkrmmla l'cndutikrm 2
dalam satu organisasi bisnis adalah supplwr sekaligus customer.
Oleh karena itu, kerja sama yang erat. yang saling mendukung
berkembangnya jaringan keqa yang sehat harus d1tumbuhkan
untuk mencapai atau mengoptimalkan keefektivan sistem
organisasi. termasuk organisasi pembelajaran. Jika ini dapat
d1capai maka supplier akan dapat memenuhi kebutuhan
customer.
Sejalan dengan pemikiran tersebut, di dalam pembelajar-
an/sekolah setiap orang merupakan supplier. sekaligus customer.
Pelanggan utama sekolah adalah para siswa dan orang tuanya.
Di lain pihak, para orang tua/masyarakat adalah supplier karena
orang tua juga ikut mem1kirkan tersedianya berbagai kebutuhan
sekolah sehingga pendidikan dapat diselenggarakan. Orang tua
membayar Sumbangan Pemb1naan Pendidikan (SPP), memben
bantuan pemikiran bagi pend1d1kan anak-anaknya. serta meng·
adakan fasilitas Jika diperlukan. Mereka Juga membayar pajak
yang antara lain dimanfaatkan oleh negara untuk membiayai
pendidikan. Para guru dan pegawai di sekolah adalah customer
dari orang tua siswa dan sekaligus supplier bag1 para siswa.
Kepuasan para guru sebagai pelanggan pemerintah dan
orang tua siswa akan sangat berpengaruh bagi ketersediaan
layanan pend1dikan yang d1berikannya kepada para siswa.
Dengan demikian. kepuasan setiap orang dalam organisasi
sekolah harus merupakan fokus dalam usaha menciptakan
sekolah berkualitas. Kualitas tidak akan muncul begitu saja tetapi
harus diusahakan dengan fokus perhatian yang prima terhadap
supplier dan customer. Guru dan siswa sebagai pekerja garis
depan sekolah/pembelajaran adalah customer dari administrator
sekolah. Dalam ka1tan ini administrator sekolah bertugas meng-
usahakan lingkungan belaJar yang memungkinkan guru dan siswa
mengembangkan potensinya secara optimal, serta mencegah
111