Page 123 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 123

Cnkrmm/a  l'l'ndidikan  2



      siswa  betah  berada  di  dalamnya,  sehmgga  kualitas  yang
      diinginkan  mungkin  dapat  terwujud.  Hubungan  yang  sehat  yang
      disertai  rasa  saling  mempercayai  antara  guru.  siswa,  dan
      administrator  akan  memungkinkan  setiap  orang  berbuat  yang
      terbaik.  Jika  hubungan  mi  rusak,  misalnya  ada  permusuhan
      antara  kepala  sekolah  dengan  guru  atau  guru  membenci  murid,
      maka  kualitas  pekerjaan  dalam  kelas/sekolah  akan  sangat
      d1ragukan.  Tidak  ada  pekerjaan  yang  berkualitas  berasal  dari
      suasana  yang  menakutkan  atau  yang  mengancam  keselamatan
      mund.
             Kedua,  guru  yang  mungkin  mengelola  pembelajaran
      berkualitas  adalah  guru  yang  mampu  dan  mau  merancang  dan
      memberikan  tugas-tugas  yang  bermanfaat  bagi  siswa  dan
      menghindari  tugas-tugas  yang  tidak  bermanfaat  ditinjau  dari
      berbagai segi. Tugas-tugas  untuk menghapalkan  informasi/materi
      hanya  untuk  ujian,  dan  setelah  itu  dilupakan,  merupakan  salah
      satu  contoh  tugas  yang  tidak  bermanfaat,  kecuali  memang  untuk
      mencapai  sesuatu.  misalnya  untuk  lulus  ujian  masuk  perguruan
      llnggi.  Daripada  memberikan  tugas  menghapal  informasi  yang
      segera  akan  dilupakan,  pembelajaran  yang  berkualitas  menuntut
      guru  untuk  mengubah  tugas  tersebut  menjadi  lebih  bermanfaat,
      misalnya  menyajikan  informasi  yang  berhubungan  langsung
      dengan  life skills,  kemudian  meminta  siswa  menerapkan  infomasi
      tersebut, atau menyajikan  informasi yang memang ingin dipelajari
      oleh siswa atau dianggap oleh guru sangat bermanfaat,  kemudian
      meminta  siswa  mencari  informasi  tambahan  yang  berkaitan
      dengan  informasi  itu.  Jika  semua  tugas  yang  dikerjakan  siswa
      bermanfaat  dan  siswa  dapat merasakan  manfaat tersebut,  siswa
      akan tertantang untuk menghasilkan sesuatu yang berkualitas.
             Ketiga,  mengembangkan  potensi  secara  optimal  merupa-
      kan  salah  satu  ciri  pembelajaran  berkualitas.  Oalam  konteks  ini,
      guru  diharapkan  selalu  mendorong  siswa  untuk  menampilkan


                                                              107
   118   119   120   121   122   123   124   125   126   127   128