Page 118 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 118

\\'rmlnni,  !'nnl>e!runrrnl Rn kuohrns:  !<:nnsrp ..


             persepsi  tersebut.  Kedua,  faktor-faktor  yang  menentukan  terjadi-
             nya  pembelajaran  berkualitas  sangat  kompleks,  sehingga  perlu
             usaha  ekstra  keras  untuk  membenahinya.  T erakhir,  contoh-
             contoh  tentang  pembelajaran berkualitas masih jarang ditemukan.
             Hal  terakhir  ini  merupakan  dampak  dari  masih  beragamnya
             persepsi tentang pembelajaran berkualitas.
                    Sehubungan  dengan  kondisi  tersebut,  tulisan  ini  akan
             memfokuskan  diri  pada  dua  hal,  yaitu  konsep  pembelajaran
             berkualitas  serta  upaya  penerapannya.  Sesuai  dengan  tekanan
             yang  diberikan,  pembahasan  tentang  konsep  pembelajaran
             berkualitas  akan  merupakan  porsi  terbesar  dalam  tulisan  ini.
             Pembahasan  akan  diawali  dengan  konsep  dasar  pembelajaran,
             dilanjutkan  dengan  pembelajaran  berkualitas  yang  mencakup
             f aktor-faktor  yang  menentukan  kualitas  pembelajaran  beserta
             penjabarannya, dan  dileruskan dengan  cara mewujudkan konsep
             pembelajaran  berkualitas  tersebut  di  lapangan.  Sebagai  penutup
             akan  disajikan  implikasi  konsep  ini  bagi  dunia  pendidikan
             umumnya dan  bagi sekolah pada khususnya.

             A.  Konsep Dasar Pembelajaran

                    lstilah  pembelajaran  masih  sering  dipakai  secara  tidak
             konsisten.  Hal  ini  terbukti  dari  masih  seringnya  istilah  pembelajar-
             an  dipakai  secara  bergantian  dengan  istilah  kegiatan  belajar-
             mengajar.  Padahal,  jika dikaji secara cermat,  istilah  pembelajaran
             mempunyai  makna  yang  sangat  khas  yang  berdampak  pada
             perilaku guru dan  siswa.  Tujuan  utama kegiatan  belajar-mengajar
             dan  pembelajaran  adalah  agar  pembelajaran  tersebut  terjadi,
             rl<1lr1m  r1rti,  siswn  benar-benar  belajar.  Perbedaan  utama  antara
             pembelajaran  dan  kegiatan  belajar-mengajar  terletak  pada  peran
             guru  dan  siswa  dalam  mengolah  pesan.  Dalam  kegiatan  belajar-
             mengajar tersirat makna bahwa belajar hanya terjadi jika ada guru




             102
   113   114   115   116   117   118   119   120   121   122   123