Page 119 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 119

Cakrml'ala  Pendidikan 2



      dan  siswa,  ada  yang  belajar  dan  ada  yang  mengajar.  lstilah  itu
      juga  menyiratkan  bahwa  guru  merupakan  pengolah  pesan  yang
      utama,  sedangkan  siswa  adalah  pihak  yang  belajar  yang  akan
      menyerap  pesan  yang  Ielah  diolah  oleh  guru.  Dengan  demikian,
      peran  guru  dalam  kegiatan  belajar-mengajar  masih  lebih  tinggi
      dari peran siswa.
             Sebaliknya.  dalam  pembelajaran,  belajar  akan  terjadi
      dengan  atau  tanpa  guru.  Oleh  karena  itu,  peran  utama  guru
      dalam  pembelajaran  adalah  sebagai  fasilitator  yang  bertugas
      menyediakan  kondisi  yang  memungkinkan  siswa  belajar,  baik
      dengan  kehadiran  guru  maupun  tanpa  kehadiran  guru.  Dengan
      makna  seperti  rtu,  peran  guru  dan  siswa  dalam  pembelajaran
      adalah  sama,  bahkan  dalam  hal-hal  tertentu  dapat  dikatakan
      bahwa peran  siswa lebih besar daripada peran guru.  Hal  ini dapat
      dikaitkan  dengan  asumsi  bahwa  belajar  hanya  terjadi  jika  yang
      belajar  aktif.  Perbuatan  belajar  harus  dikerjakan  sendiri  oleh
      individu  yang  ingin  belajar,  dan  tentu  saja  tidak  dapat  dikerjakan
      atau  diupahkan  kepada  orang  lain.  Oleh  karena  itu,  dalam
      pembelajaran,  siswalah  yang  berperan  lebih  besar  karena  dialah
      aktor utama pembelajaran.
             Bertolak  dari  pengertian  di  alas,  maka  sebenarnya  tidak
      semua  kegiatan  belajar-mengajar  yang  berlangsung  di  sekolah-
      sekolah  saat  ini  dapat  dinamakan  pembelajaran.  Pengamatan
      secara  umum  dan  hasH  penelitian  (Wardani,  dkk,  2002)  menun-
      jukkan  bahwa  kegiatan  belajar-mengajar  di  dalam  kelas  masih
      didominasi  oleh  guru,  sedangkan  siswa  masih  lebih  banyak
      menunggu  apa  yang  harus  dia  kerjakan.  Penggatian  nama
      kegiatan  belajar-mengajar  menjadi pembelajaran  dapat dikatakan
      belum  membawa  perubahan  pada  kondisi  atau  kualitas
      pembelajaran  itu  sendiri.  sehingga tidak  berlebihan jika dikatakan
      bahwa  istilah  pembelajaran  masih  banyak  digunakan  tanpa
      memahami makna yang sebenarnya.



                                                              103
   114   115   116   117   118   119   120   121   122   123   124