Page 124 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 124

\\'rmloni.  f'elllhelnioron  !lcrkuo!i/01: f<.'niiiCJ!..



             hasil  kerja terbaik yang dapat mereka tunjukkan.  Penampilan atau
             hasil  kerja  yang  bertujuan  hanya  untuk  memenuhi  persyaratan
             seyogyanya  dihindari.  Siswa  hendaknya  selalu  didorong  untuk
             menelusuri  secara  mendalam  bidang  yang  menarik  minatnya,
             bukan  hanya  mampu  menguasai  serba  sedikit  berbagai  materi
             yang  dicakup oleh  pelajaran.  Dengan  cara  seperti  ini,  siswa  akan
             terpacu  untuk  mengembangkan  potensi  secara  optimal  di  bidang
             yang diminati.
                    Keempat,  mendorong  siswa  untuk  menilai  hasil  karyanya
             sendiri  serta  kemudian  memperbaikinya  merupakan  proses  yang
             tidak  mudah.  lebih-lebih  pada  tahap  awal.  Namun,  jika  ini
             dllakukan secara konsisten,  siswa akan segera menyadari, bahwa
             d1a  mampu  melihat  apakah  pekerjaan  sudah  memenuhi  rambu-
             rambu  yang  diberikan  atau  belum  dan  ia  juga  akan  menyadari
             bahwa  ia  dapat  berbuat  lebih  baik.  Kebiasaan  ini  juga  akan
             membuat  siswa  menyadari  bahwa  setiap  kesalahan  dapat
             diperba1ki  dan  setiap  pekerjaan  dapat  disempurnakan  sampai
             mencapai  tingkat  yang  paling  baik.  Kebiasaan  untuk  menilai  diri
             sencliri  cJan  memperbaiki  kesalahan  sendiri  akan  memungkinkan
             s1swa  berkembang  menjadi  pembelajar  mandiri,  yang  mampu
             mengembangkan potensinya secara optimal.
                    Kelima,  hasil  karya  yang  berkualitas  akan  menimbulkan
             perCJsaCJn  senang  pada  setiap  orang  yang  terlibat  di  dalamnya.
             HCJI  ini  merupakan  sesuatu  yang  wajar  dan  manusiawi.  Guru,
             kepCJICJ  sekolah,  pegawai  tala  usaha,  dan  tentu  saja  siswa  akan
             merase1  sene1ng  jika  sekolahnya  mencapai  satu  prestasi  dalam
             b1dang  tertentu.  Mereka  akan  merasa  bangga  dan  ikut  merasa
             Llerperan  dalam  tercapainya  prestasi  tersebut.  Demikian  pula
             halnya  dengan  guru  dan  siswa  di  dalam  kelas.  Jika  siswa
             menyelesa1kan  satu  tugas  dengan  kualitas  tinggi,  guru  dan  tentu
             saja  siswa  akan  merasa  senang.  Perasaan  senang  ini  akan




             108
   119   120   121   122   123   124   125   126   127   128   129