Page 131 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 131

Cakrmralrt !'endirlikan  2



      dibuat  sudah  memperhitungkan  kualitas  dan  proses  yang
      diinginkan  sejak  mulai  merancang  kebijakan  tersebut.  Hal  ini
      dapat  dilakukan  dengan  melibatkan  para  guru,  sehingga  para
      pengambil  kebiJakan  dapat  belajar  dari  pengalaman  guru-guru
      tersebut.  Dengan  demikian,  kebiJakan  yang  diambil  tidak  hanya
      bersumber  dari  buku  tetapi  dari  pengalaman  nyata  di  lapangan.
      Orientasi  pada  proses  tidak  hanya  dituntut  pada  tingkat
      operasional,  tetapi  harus tercermin mulai dari proses pengambilan
      kebiJakan  di tingkat puncak.
             Pilar yang  keempat,  yaitu  kepimpinan TOM yang kuat dan
      konsisten  dari  manager puncak,  terkait  dengan  pimpinan  sekolah
      yang  diharapkan  dapat  menjalankan  kepemimpinan  yang  kuat
      dan  konsisten.  Pimpinan  sekolah  harus mampu memegang kunci
      kuailtas  karena  kualitas  tidak  dapat  d1delegasikan.  Ia  harus
      dipancarkan  oleh  para  manajer  puncak  dan  pancaran  ini  harus
      dapat dirasakan oleh  semua.  oleh para  guru,  siswa,  administrator,
      juga oleh  orang tua dan masyarakat.
             Bertitik  tolak  dari  aspek  guru,  siswa,  sekolah,  orang
      tua/masyarakat  yang  Ieiah  diuraikan,  secara  singkat  dapat
      dirangkum  bahwa  pembelajaran  dapat  dikatakan  berkualitas jika
      memenuhi  seperangkat    rambu-rambu,  antara  lain  sebagai
      berikut.
      1.  Pembelajaran menumbuhkan rasa  senang, hangat,  dan saling
          mempercayai.  pada  diri  guru,  siswa,  dan  administrator
          sekolah.
      2.  Siswa  dan  guru  terdorong  untuk menilai dan  memperbaiki diri
          secara terus-menerus.
      3.  Siswa  selalu  terdorong  untuk  berbuat  yang  terbaik  sehingga
          dapat menunjukkan hasil kerja yang optimal.
      4.  Guru memodelkan berbagai perilaku belajar secara konsisten,
         seperti  selalu  membaca  sumber-sumber  mutakhir,  menerima





                                                              115
   126   127   128   129   130   131   132   133   134   135   136