Page 159 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 159

{o/.:rmmln  l'elldirli/.:rlll  2



      kurikuler  memiliki  d1mensi  rasional,  emosional,  spiritual,  dan
      sosial.  Dimensi  sosial,  yang  menJadi  pokok  pembahasan  dalam
      orasi  ini  berkenaan  dengan  sikap  dan  keterampilan  mengenai
      hubungan  antar  manusia  dalam  kehidupan  bermasyarakat  (lokal,
      nasional,  dan  global).  Dalam  konteks  Pendidikan  IPS  sebagai
      suatu  sistem  pengetahuan  dimensi  sosial  berkenaan  dengan
      kajian  kompetens1  sosial  (social competence) yang  perlu  dikuasai
      oleh  individu  sebagai  aktor  sosial  dan  kajian  mengenai
      pengalaman  belajar yang  perlu  d1kembangkan  guna  mernfasilitasi
      tumbuh  dan  berkembangnya  kompetensi  sosial  sebagai  salah
      satu  sarana  sosial-psikologis  seorang  aktor  sosial  dalarn
      kehidupan  bermasyarakatnya.  Dalam  konteks  tersebut  dimensi
      sosial   tersebut   perlu   d1kaji   secara   argumentatif,   netral,
      impersonal,  dan  generik.  Sedangkan  dalam  konteks  Pendidikan
      IPS  sebagai  suatu  program  kurikuler,  dimensi  sosial  berkenaan
      dengan  pembelajaran  dimensi  sosial  untuk  para  peserta  didik
      sesuai dengan jalur. jenis, dan jenjang pendidikan.  Dalam konteks
      ini,  dimensi  sosial  untuk  para  peserta  didik  sesuai  dengan  jalur,
      jenis,  dan  jenjang  pendidikan.  Dalam  konteks  ini,  dimensi  sosial
      diperlakukan   secara   imperatif,   pedagogis,   personal,   dan
      kontekstual.
             Selanjutnya  marilah  kita  kaji  d1mensi  sosial  Pendidikan
      IPS  dalam  konteks suatu sistem  pengetahuan dan  dalam  konteks
      program kurikuler.

      1.  Dimensi  Soslal  dalam  Konteks  Pendidikan  IPS  sebagal
          suatu Sistem Pengetahuan Terpadu
             Sebagai  suatu  sistem  pengetahuan,  Pendidikan  IPS
      memadukan  konsep  dan  metode  berpikir  (line  of  thought)
      ilmu-ilmu  sosial;  konsep  dan  metode  ilmu  kependidikan  sebagai
      extraceptive  knowledge,  dan  masalah-masalah  sosial;  yang



                                                              143
   154   155   156   157   158   159   160   161   162   163   164