Page 159 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 159
{o/.:rmmln l'elldirli/.:rlll 2
kurikuler memiliki d1mensi rasional, emosional, spiritual, dan
sosial. Dimensi sosial, yang menJadi pokok pembahasan dalam
orasi ini berkenaan dengan sikap dan keterampilan mengenai
hubungan antar manusia dalam kehidupan bermasyarakat (lokal,
nasional, dan global). Dalam konteks Pendidikan IPS sebagai
suatu sistem pengetahuan dimensi sosial berkenaan dengan
kajian kompetens1 sosial (social competence) yang perlu dikuasai
oleh individu sebagai aktor sosial dan kajian mengenai
pengalaman belajar yang perlu d1kembangkan guna mernfasilitasi
tumbuh dan berkembangnya kompetensi sosial sebagai salah
satu sarana sosial-psikologis seorang aktor sosial dalarn
kehidupan bermasyarakatnya. Dalam konteks tersebut dimensi
sosial tersebut perlu d1kaji secara argumentatif, netral,
impersonal, dan generik. Sedangkan dalam konteks Pendidikan
IPS sebagai suatu program kurikuler, dimensi sosial berkenaan
dengan pembelajaran dimensi sosial untuk para peserta didik
sesuai dengan jalur. jenis, dan jenjang pendidikan. Dalam konteks
ini, dimensi sosial untuk para peserta didik sesuai dengan jalur,
jenis, dan jenjang pendidikan. Dalam konteks ini, dimensi sosial
diperlakukan secara imperatif, pedagogis, personal, dan
kontekstual.
Selanjutnya marilah kita kaji d1mensi sosial Pendidikan
IPS dalam konteks suatu sistem pengetahuan dan dalam konteks
program kurikuler.
1. Dimensi Soslal dalam Konteks Pendidikan IPS sebagal
suatu Sistem Pengetahuan Terpadu
Sebagai suatu sistem pengetahuan, Pendidikan IPS
memadukan konsep dan metode berpikir (line of thought)
ilmu-ilmu sosial; konsep dan metode ilmu kependidikan sebagai
extraceptive knowledge, dan masalah-masalah sosial; yang
143