Page 164 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 164

Winlllatnllra,  !'1'111/1('1-rfamrm  \\'nrpmwJ:!Ora  .'\('/){lgai  ....


            kesekapatan  akademik  yang  optimal  dari  pakar-pakar  soctal
            studies  yang  tergabung  da!am  NCSS  se!ama  hampir  50  tahun
            sete!ah  melalui  perdebatan.  pengkajian,  dan  rekonseptua!isasi
            yang berkesinambungan.
                   Semua  itu  pada  akhirnya  di  tahun  1994,  oleh  NCSS
            dibakukan  menjadi  unsur  penting  dari  Curriculum  Standards  for
            Social  Studies  (NCSS,  1994:30),  dengan  sedikit  penyempurnaan
            berupa  pengelompokan  jabaran  aspek  demokrasi  ke  dalam  right
            of individual,  freedoms  of individual,  responsibilities  of individual,
            and  beliefs  concerning  societal  conditions  and  governmental
            responsibilities.
                   Aspek-aspek  tersebut  dikembangkan  melalui  strategi
            pembelajaran  yang  dibingkai  oleh  konsep  dan  metode  berpikir
            i!mu-ilmu  sosial,  konsep  dan  metode  kependidikan,  serta
            wawasan  dari  disiplin  !ainnya  sesuai  dengan  kebutuhan,  dan
            dengan  kriteria  dasar  meaningful,  integrative,  value-based,
            challenging,  and active (NCSS,  1994).  Setiap  kriteria  mempunyai
            sisi  yang  menekankan  pada dimensi sosial  melalui  kegiatan  yang
            juga  bernuansa  sosial.  Dalam  kriteria  meaningful-ness  dari
            pembelajaran  dituntut bahwa:  "Student  learn connected networks
            of knowledge, skills,  beliefs, and attitudes they will find useful both
            in  and outside  of school" (NCSS,  11 ).  Hal  tersebut  mengandung
            makna  bahwa  proses  pembangunan  pengetahuan  dalam  diri
            individu perlu  dikaitkan dengan apa  yang terjadi di  dalam  maupun
            di  luar  sekolah.  Sedangkan  dalam  kriteria   integrative  secara
            khusus  ditekankan  bahwa:  "Social  studies  teaching  integrates
            knowledge,  skills,  beliefs,  values,  and attitudes  to  action" (NCSS,
            11 ).  Dalam  kriteria  tersebut  keterkaitan  unsur  pengetahuan
            dengan tindakan atau prilaku sosial mendapatkan penekanan.
                   Sementara  itu,  dalam  kriteria  value-based  ditekankan
            bahwa:  "Students  are  made  aware  of potential social policy and
            taught  to  think  critically  and  make  value-based  decisions  about



            148
   159   160   161   162   163   164   165   166   167   168   169