Page 166 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 166
\\'innlapurro. l'emherriaman H'ar.~anew1ra Srlmgai ....
dan nilai demokrasi dalam teori dan praktek, seperti kemampuan
mengambil keputusan, dan partisipasi aktif dalam kehidupan
demokrasi, serta kemampuan yang berkenaan dengan hubungan
antar manusia dalam kehidupan bermasyarakat.
Pengembangan dimensi sosial ini dibingkai oleh konsep
dan metode berpikir ilmuilmu sosial, konsep dan metode
kependidikan, serta wawasan disiplin lainnya guna mencapai
tujuan pengembangan warganegara sebagai aktor sosial yang
cerdas dan baik sesuai dengan konsep, nilai dan prinsip
demokrasi.
2. Dimensi Sosial dalam Konteks Pendidikan IPS sebagai
Program Kurikuler
Sebagai program kurikuler. Pendidikan IPS memiliki
sifat-sifat: imperatif, artinya menuntut untuk dilakukan; pedagogis,
maksudnya dirancang untuk memfasilitasi perubahan prilaku
peserta didik menjadi lebih matang: personal, artinya tertuju
kepada individu sebagai peserta didik: dan kontekstual,
maksudnya dilakukan dalam suasana atau lingkungan tertentu.
Sifat-sifat itu tercermin dari konsep dasar hakikat kurikulum, yang
selalu dan memang harus selalu menjadi rujukan para
pengembang, pelaksana, dan pengevaluasi kurikulum, seperti
dikemukakan oleh Bapak Kurikulum, Tyler (1949) sebagai berikut.
1. What educational purposes should the school seek to attain?
2. What educational experiences can be provided that are likely
to attain these purposes?
3. How can these educational experiences be effectively
organized?
4. How can be we determine whether these purposes are being
attained?
150