Page 166 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 166

\\'innlapurro.  l'emherriaman  H'ar.~anew1ra Srlmgai  ....


             dan  nilai demokrasi dalam  teori  dan  praktek,  seperti  kemampuan
             mengambil  keputusan,  dan  partisipasi  aktif  dalam  kehidupan
             demokrasi,  serta  kemampuan  yang  berkenaan  dengan  hubungan
             antar manusia dalam kehidupan bermasyarakat.
                     Pengembangan  dimensi  sosial  ini  dibingkai  oleh  konsep
             dan  metode  berpikir  ilmuilmu  sosial,  konsep  dan  metode
             kependidikan,  serta  wawasan  disiplin  lainnya  guna  mencapai
             tujuan  pengembangan  warganegara  sebagai  aktor  sosial  yang
             cerdas  dan  baik  sesuai  dengan  konsep,  nilai  dan  prinsip
             demokrasi.


             2.  Dimensi  Sosial  dalam  Konteks  Pendidikan  IPS  sebagai
                 Program  Kurikuler
                    Sebagai  program  kurikuler.  Pendidikan  IPS  memiliki
             sifat-sifat:  imperatif,  artinya  menuntut untuk dilakukan; pedagogis,
             maksudnya  dirancang  untuk  memfasilitasi  perubahan  prilaku
             peserta  didik  menjadi  lebih  matang:  personal,  artinya  tertuju
             kepada  individu  sebagai  peserta  didik:  dan  kontekstual,
             maksudnya  dilakukan  dalam  suasana  atau  lingkungan  tertentu.
             Sifat-sifat  itu  tercermin  dari  konsep dasar hakikat kurikulum,  yang
             selalu  dan  memang  harus  selalu  menjadi  rujukan  para
             pengembang,  pelaksana,  dan  pengevaluasi  kurikulum,  seperti
             dikemukakan oleh Bapak Kurikulum, Tyler (1949) sebagai berikut.
             1.   What educational purposes should the school seek to attain?
             2.  What  educational experiences can be provided that are likely
                 to attain these purposes?
             3.  How  can  these  educational  experiences  be  effectively
                organized?
             4.  How can  be  we  determine  whether these purposes are being
                attained?






             150
   161   162   163   164   165   166   167   168   169   170   171