Page 171 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 171
Cakrmm!a !'c11didikan 2
itu seorang aktor sosial adalah indvidu warganegara yang
perilakunya dibingkai oleh paradigma 'berzikir-berlikir dan
bertindak-berdzikir'. Atau dengan kala lain aktor sosial yang perlu
dikembangkan adalah ind1vidu yang mampu mengambil
keputusan dan bertindak secara cerdas dan benar/adil dalam
koridor atau bingkai dzikrulloh.
Profil aktor sosial yang diharapkan, seperti d1kemukakan
dalam butir ketiga, secara konseptual diperkirakan akan dapat
menjawab berbagai tantangan yang ada dan yang akan ada
dalam konteks real life system sebagai individu manusia
Indonesia, dalam konteks kehidupan bermasyarakat lokal,
nasional, dan global. Secara lormulatif aktor s9sial bagi Indonesia
adalah individu warganegara yang mem1liki komitmen yang tinggi
terhadap konsep dan nilai yang dikandung oleh Pancasila UUD
1945; mampu menggunakan potensi terba1knya sesuai dengan
real life system manusia untuk memikul tanggung Jawab yang
diamanatkan oleh Pancasila dan UUD 1945; serta mampu
menjawab tantangan dari dan dalam rea/life system masyarakat
bangsa dan negara Indonesia dalarn konteks real life system
masyarakat global.
Untuk dapat memlasilitasi individu warga negara menjadi
aktor sosial yang dicerminkan dalam karakteristik seperti
dirumuskan dalarn butir ke empat, perlu d1kembangkan dimensi
sosial dalam Pendidikan IPS, baik sebagai sistem pengetahuan
maupun sebagai program kurikuler. Dalam konteks Pendidikan
IPS sebagai suatu sistem pendidikan terpadu, dimensi sosial
mencakup berbagai kemampuan yang berkenaan dengan konsep
dan nilai demokrasi dalam teori dan praktek termasuk di
dalamnya kemampuan mengambil keputusan dan partisipasi aktif
dalam kehidupan demokrasi, serta kemampuan yang berkenaan
dengan hubungan antar manusia dalam kehidupan bermasyara-
kat lokal, nasional, dan global. Dalam pengembangannya,
155