Page 172 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 172
H'inmnprtrm. f'emhPniarnnn \\'argnnrgnrn Sehngni ....
dimensi sosial ini perlu dibingkai oleh konsep dan metode berpikir
ilmu-ilmu sosial, konsep dan metode kependidikan, serta
wawasan disiplin lainnya yang mendukung pencapaian tujuan
pengembangan warga negara sebagai aktor sosial yang cerdas
dan baik/adil. Dalam konteks pendidikan IPS sebagai program
kurikuler dimensi sosial ini perlu diwujudkan ke dalam sejumlah
kemampuan atau keterarnpilan sosial yang sengaja dirancang
sebagai kurikulum dan pembelajaran pendidikan IPS pada
berbagai jalur Jenis, dan jenjang pendidikan. Dengan demikian
karakteristik warganegara sebagai aktor sosial yang diharapkan
itu akan menjadi bagian yang kohesif dalam kurikulum dan
pembelajaran pendidikan IPS dalam berbagai Jalur dan jenjang
pendidikan.
Untuk men)ernihkan dan memantapkan konsepsi dimensi
sosial dalam konteks pendidikan IPS sebagai sistem pengetahuan
terpadu dan sebagai program kurikuler, perlu diadakan
pengkajian dan penelitian lebih lanjut dengan menggunakan
sumber yang lebih luas dengan menggunakan pemikiran yang
lebih mendalam.U
156