Page 172 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 172

H'inmnprtrm.  f'emhPniarnnn  \\'argnnrgnrn Sehngni  ....



             dimensi sosial  ini  perlu dibingkai oleh  konsep dan metode berpikir
             ilmu-ilmu  sosial,  konsep  dan  metode  kependidikan,  serta
             wawasan  disiplin  lainnya  yang  mendukung  pencapaian  tujuan
             pengembangan  warga  negara  sebagai  aktor  sosial  yang  cerdas
             dan  baik/adil.  Dalam  konteks  pendidikan  IPS  sebagai  program
             kurikuler  dimensi  sosial  ini  perlu  diwujudkan  ke  dalam  sejumlah
             kemampuan  atau  keterarnpilan  sosial  yang  sengaja  dirancang
             sebagai  kurikulum  dan  pembelajaran  pendidikan  IPS  pada
             berbagai  jalur  Jenis,  dan  jenjang  pendidikan.  Dengan  demikian
             karakteristik  warganegara  sebagai  aktor  sosial  yang  diharapkan
             itu  akan  menjadi  bagian  yang  kohesif  dalam  kurikulum  dan
             pembelajaran  pendidikan  IPS  dalam  berbagai  Jalur  dan  jenjang
             pendidikan.
                    Untuk men)ernihkan  dan  memantapkan konsepsi  dimensi
            sosial dalam konteks pendidikan  IPS sebagai sistem pengetahuan
            terpadu  dan  sebagai  program  kurikuler,   perlu  diadakan
            pengkajian  dan  penelitian  lebih  lanjut  dengan  menggunakan
            sumber  yang  lebih  luas  dengan  menggunakan  pemikiran  yang
            lebih mendalam.U

























            156
   167   168   169   170   171   172   173   174   175   176   177