Page 169 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 169

Cakrmmla Pendidikan 2



             Untuk  mengembangkan  kompetensi  atau  keterampilan
     sosial  yang  Ielah  ditetapkan.  Taba  et  al.  (1 971)  menerapkan
     model    pengorganisasian   isi   pembelajaran   The   Spiral
     Development  of a  Main  Idea.  Dalam  model  tersebut,  suatu  ide
     pokok  atau  main  ideas  ditata  secara  sinambung  mulai  dari  kelas
     terendah  sampai  kelas  tertinggi  (kelas  1 sampai  dengan  kelas  8)
     dengan  tingkat  kedalaman  dan  keluasan  yang  semakin  tinggi
     sesuai dengan kelasnya yang juga semakin tinggi.
             Pengalaman  belajar  yang  sengaja  diorganisasikan  untuk
     memfasilitasi  berkembangnya  kompetensi  sosial  tersebut  oleh
     Taba  et  al.  {1 971)  dibingkai  oleh  garis  berpikir  ilmu-ilmu  sosial
     yang  secara  generik  mencakup  kegiatan-kegiatan:  developing
     concepts;  generalizing  about  attitudes,  values,  and  feeling;
     applying  generalizations.  Pendekatan  tersebut  memang  sedang
     gencar-gencarnya  dikembangkan  pada  dasawarsa  1  960-1970-an
     sebagai  dampak  dari  gerakan  The  New  Social  Studies.  Khusus
     dalam  rangka  pengembangan  keterampilan  sosial,  T aba  et  al.
     menekankan  pada  tujuan  ...  to  facilitate  and  consolidate
     understanding  of  human  behavior  rather  than  to  develop  well
     behaved  students.  Di  sini  terlihat  karakter  dari  tradisi  social
     studies  taught  as  social  science  {Barr,  et  al.  1978)  yang
     memberikan  kebebasan  kepada  peserta  didik  untuk  menentukan
     sikapnya dengan menggunakan cara pandang keilmuan sosial.
            Seperti  halnya  model  social  studies.  Taba  et  al.  (1971 ),
     model  pendidikan  IPS  ala  PPSP  1973  yang  menggunakan  label
     studi sosial,  dipengaruhi oleh  pemikiran  dari  tradisi  social studies
     taught  as  social  science.  Dimensi  sosial  yang  dikembangkan
     dalam  kurikulum  tersebut adalah: kesadaran  nasional,  cinta tanah
     air,  hidup demokratis, juJur,  sopan,  bersahabat,  menJunjung tinggi
     moral  dan   Hak  Azasi   Manusia,  pandai  membudayakan
     lingkungan,  partisipasi  sosial,  dan  berjiwa  pionir;  sementara  itu
     pembelajarannya  dipolakan  berdasarkan  pendekatan  ilmiah  yang



                                                             153
   164   165   166   167   168   169   170   171   172   173   174