Page 170 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 170
Winalaf'llfra, Pemllfrdarrum Warganegara Sehagai ....
mencakup identifikasi masa!ah. merumuskan hipotesis,
mengumpu!kan data, menguji hipotesis, dan merumuskan
generalisasi (PPSP. 1973).
Dari dua sampe! model kuriku!um social studies ala Taba
et al. ( 1971) dan studi sosial ala PPSP ( 1973) dapat dilihal bahwa
gagasan mengenai dimensi sosial yang tertuang dalam
Pendidikan IPS sebagai program kurikuler terkait era! pada
pemikiran yang berkembang dalam Pendidikan IPS sebagai suatu
sistem pengetahuan dengan segala dinamikanya yang sedang
terjadi pada kurun waktu itu.
D. Kesimpulan dan Rekomendasi
Secara konseptual pendidikan IPS (PIPS) memiliki dua
sisi yakni sebagai suatu sistem pengetahuan terpadu (integrated
knowledge system). dan sebagai progam kurikuler. Sebagai
sistem pengetahuan. aspek-aspek yang terkandung dalam
pendidikan IPS mempunyai sifat argumentatif, netral, impersonal,
dan generik. Sebagai program kurikuler aspek-aspek yang ada di
dalam pendidikan IPS bersifat imperatif, pedagogis, personal, dan
kontekstual.
Fokus utama pendidikan IPS sebagai sistem pengeta-
huan dan tujuan utama pendidikan IPS sebagai program kurikuler
adalah · pengembangan individu warganegara yang memiliki
karakter sebagai aktor sosial yang cerdas dan baik/adil sesuai
dengan kriteria normatif, akademis, dan kontekstual.
Wawasan dan kemampuan dasar yang perlu dikuasai
oleh aktor sosial yang cerdas dan baik itu adalah kemampuan
mengambil keputusan dan hertindak secara cerdas dan benar/adil
yang dibingkai oleh pengakuan yang tulus terhadap kebesaran
Tuhan dengan segala ciptaannya yang menjadi dasar dan
sekaligus muara dari proses berpikir dan bertindak. Oleh karena
154