Page 170 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 170

Winalaf'llfra,  Pemllfrdarrum  Warganegara  Sehagai ....



             mencakup    identifikasi   masa!ah.   merumuskan   hipotesis,
             mengumpu!kan  data,  menguji  hipotesis,  dan  merumuskan
             generalisasi (PPSP.  1973).
                    Dari  dua sampe!  model  kuriku!um  social studies ala Taba
             et  al.  ( 1971) dan studi sosial ala  PPSP ( 1973) dapat dilihal bahwa
             gagasan  mengenai  dimensi  sosial  yang  tertuang  dalam
             Pendidikan  IPS  sebagai  program  kurikuler  terkait  era!  pada
             pemikiran yang  berkembang dalam Pendidikan IPS sebagai suatu
             sistem  pengetahuan  dengan  segala  dinamikanya  yang  sedang
             terjadi pada kurun waktu itu.

             D.  Kesimpulan dan Rekomendasi

                    Secara  konseptual  pendidikan  IPS  (PIPS)  memiliki  dua
             sisi  yakni  sebagai  suatu  sistem  pengetahuan  terpadu  (integrated
             knowledge  system).  dan  sebagai  progam  kurikuler.  Sebagai
             sistem  pengetahuan.  aspek-aspek  yang  terkandung  dalam
             pendidikan  IPS  mempunyai  sifat  argumentatif,  netral,  impersonal,
             dan  generik.  Sebagai program  kurikuler aspek-aspek yang ada di
             dalam pendidikan IPS bersifat imperatif, pedagogis, personal, dan
             kontekstual.
                    Fokus  utama  pendidikan  IPS  sebagai  sistem  pengeta-
             huan dan tujuan  utama pendidikan IPS  sebagai program kurikuler
             adalah ·  pengembangan  individu  warganegara  yang  memiliki
             karakter  sebagai  aktor  sosial  yang  cerdas  dan  baik/adil  sesuai
             dengan kriteria normatif, akademis, dan  kontekstual.
                    Wawasan  dan  kemampuan  dasar  yang  perlu  dikuasai
             oleh  aktor  sosial  yang  cerdas  dan  baik  itu  adalah  kemampuan
             mengambil keputusan dan hertindak secara cerdas dan benar/adil
             yang  dibingkai  oleh  pengakuan  yang  tulus  terhadap  kebesaran
             Tuhan  dengan  segala  ciptaannya  yang  menjadi  dasar  dan
             sekaligus  muara dari  proses  berpikir  dan  bertindak.  Oleh  karena




             154
   165   166   167   168   169   170   171   172   173   174   175