Page 165 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 165

Cakrmmln f'pndidiknn  2


     related  social  issues"  (NCSS,  1994:11).  Kriteria  ini  pun
     memberikan  perhatian  khusus  terhadap  kemampuan  mengambil
     keputusan  alas  dasar  nilai  mengenai  hal  yang  terkait  pada
     masalah sosial. Di  lain  pihak, dalam kriteria challenging digariskan
     bahwa:  "Students  are  expected  to  strive  to  accomplish  the
     instructional  goals,  both  as  individual  and  as  group  members"
     (NCSS,  12).  Kerjasama  antar individu sebagai anggota  kelompok
     dalam  pencapaian  tujuan  pembelajaran  mendapat  perhatian
     khusus dalam kriteria tersebut.
            Sedang  untuk  kriteria  active  digariskan  bahwa:  "Active
     social  studies  teaching  requires  reflective  thinking  and  decision
     making  as  event  unfold  during  instruction"  (NCSS,1994:12).
     Kriteria  terakhir ini.  kembali  menegaskan pentingnya kemampuan
     mengambil keputusan di samping kemampuan berpikir kritis.
            Berbeda  dengan  apa  yang  Ieiah  dikembangkan  di
     Amerika Serikat, dimensi sosial Pendidikan  IPS di  Indonesia tidak
     dapat  digali  dari  dokumen  akademis  seperti  karya  monumental
     NCSS.  Hal  itu  cukup  beralasan,  karena  di  Indonesia  memang
     tidak  ada  lembaga  akademis  seperti  NCSS  yang  berfungsi
     sebagai  fasilitator  pengembangan  pendidikan  IPS  sebagai  suatu
     sistem  pengetahuan.  Karena  itu  sumber informasi  tentang  hal  itu
     yang  dapat  digunakan  untuk  menelusuri  dimensi  sosial
     Pendidikan  IPS  adalah  dokumen  Kurikulum.  Dalam  Landasan
     Program  dan  Pengembangan  Kurikulum  Pendidikan  Dasar  1994
     (Depdikbud,  1994)  dapat  dicatat  bahwa  kemampuan  dan  sikap
     rasional  tentang  gejala-gejala  sosial  dan  penerapan  nilai  moral
     Pancasila merupakan dimensi sosial  Pendidikan IPS di  Indonesia.
     Memang  terlalu  sedikit  informasi  yang  dapat  digali  mengenai  hal
     itu.
            Jika dilihat secara keseluruhan,  dimensi sosial dari  Social
     Studies atau  Pendidikan  IPS  sebagai  suatu  sistem  pengetahuan
     mencakup berbagai kemampuan  yang  berkenaan dengan konsep


                                                             149
   160   161   162   163   164   165   166   167   168   169   170