Page 160 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 160

11"111olnpu1m.  l'l'ln/Jcrrlnmrm  \\'argrull'gnrn SPhngni  ....


            diperkaya  sesuai  dengan  kebutuhan  oleh  humaniora  dan  disiplin
            ilmu  lainnya,  dalam  konteks  agama  sebagai  intraceptive
            knowledge  (Somantri,  1998).  Oleh  karena  itu  Pendidikan  IPS
            dapat  disikapi  sebagai  suatu  sistem  pengetahuan  terpadu  atau
            integrated knowledge  system menurut  Hartoonian  (1992).  Sistem
            ini  berkembang  sebagai  respon  terhadap  adanya  kebutuhan
            untuk  mengembangkan  individu  sebagai  aktor  sosial  dalam
            masyarakat, yang seperti ditegaskan oleh Hartoonian ( 1992: 162)
                    We  know  that  life  is  integrated.  ...  unless  we
                   construct curriculum or instructional programs based
                   upon  this  truth,  we  put our students at risk.  We  also
                   know  that  knowledge  is  culturally  and  historically
                   determined.
                   Dengan  kala  lain  sistem  pengetahuan  terpadu  ini
            berkembang  sebagai  respon  terhadap  adanya  kebutuhan  nyata
            pendidikan  sosial,  kenyataan  kehidupan  masyarakat  atau  RLS
            (Sanusi,   1998c),  dan  hakikat  pengetahuan  yang  bersifat
            kontekstual.
                   Seperti  dikemukakan  pada  awal  orasi  ini,  dalam  konteks
            Pendidikan  IPS  sebagai  suatu  sistem  pengetahuan,  dimensi
            sosial  disikapi  secara  argumentatif,  netral,  impersonal,  dan
            generik.  Argumentatif  artinya  aspek-aspek  dari  dimensi  sosial  itu
            terbuka  untuk  dikaji  dari  berbagai  sudut  pandang  dengan
            menggunakan  kriteria  dan  metode  berpikir  yang  berbeda  untuk
            mendapatkan  suatu  kebenaran.  Netral  artinya  dalam  pengkajian
            aspek-aspek  dimensi  sosial  itu  pengkaji  berdiri  sebagai  seorang
            tlmuwan  yang  terbebas  dari  kepentingan  pribadi.  Impersonal
            artinya  aspek  dimensi  sosial  yang  dipilih  secara  argumentatif
            dengan  sikap  netral  itu  belum  ditujukan  untuk  kepentingan
            populasi  pendidikan  secara  spesifik.  Generik  artinya  aspek  dari
            dtmensi  sostal  yang  dipilih  itu  pada  dasarnya  dimiliki  tingkat
            keberlakukan secara umum.




            144
   155   156   157   158   159   160   161   162   163   164   165