Page 44 - Institusi Pendidikan Tinggi Di Era Digital: Pemikiran, Permodelan, Dan Praktik Baik
P. 44
Institusi Pendidikan Tinggi di Era Digital: Pemikiran, Permodelan dan Praktek Baik 31
A. ENTREPRENURIAL UNIVERSITY:HIGHER EDUCATION, INNOVATION
AND ENTREPRENEURSHIP
Di era knowledge based economy, tantangan yang dihadapi institusi
pendidikan tinggi semakin komplek. Gibb et al., (2009) mengemukakan
paradigma atau cara pandang baru yang diperlukan institusi untuk
menyikapi berbagai perubahan lingkungan, diantaranya adanya tekanan
publik yang menyebabkan ketidakpastian yaitu: massification of education,
tuntutan untuk memberikan open educational resources kepada
masyarakat, tuntutan lulusan yang siap kerja, tantangan globalisasi dan
persaingan. Tuntutan yang paling mengemuka adalah institusi pendidikan
tinggi harus entrepreneur application dan innovation driven, berbeda dari
kondisi saat ini hanya beraktivitas di zona aman (pure public dan budget
driven). Selain itu institusi perguruan tinggi juga menghadapi perubahan
lingkungan dari yang cakupannya hanya nasional/regional kearah yang lebih
komplek yaitu adanya tantangan interdeciplinary, international, network dan
extensively partner. Lebih lanjut, Gibb et al., 2009 menyatakan esensi dari
perubahan paradigma yang harus dihadapi institusi pendidikan tinggi
adalah perlu perubahan dari institusi yang berbasis individual yang
mementingkan pengembangan ilmu pengetahuan dan penelitian menuju
institusi yang memperhitungkan aspek sosial dengan mengutamakan pada
berbagi pengetahuan (lihat Gambar 1).
Public Value
Relevance,
Integrated and
Pure Knowledge and Engange
Research Based
Paradigm Societally Shared
Knowledge-Based
Excellence
Individual Curisity-
Based Excellence
Sumber: Gibb et al., (2009:35)
Gambar 1. Perubahan Paradigma Pergurun Tinggi
Penjelasan para ahli mengenai definisi entrepreneurial university
berbeda-beda konteks. Berkaitan dengan pembahasan paper ini, maka ada