Page 44 - Institusi Pendidikan Tinggi Di Era Digital: Pemikiran, Permodelan, Dan Praktik Baik
P. 44

Institusi Pendidikan Tinggi di Era Digital: Pemikiran, Permodelan dan Praktek Baik  31


               A.  ENTREPRENURIAL UNIVERSITY:HIGHER EDUCATION, INNOVATION
                   AND ENTREPRENEURSHIP

                   Di  era  knowledge  based  economy,  tantangan  yang  dihadapi  institusi
               pendidikan  tinggi  semakin  komplek.  Gibb  et  al.,  (2009)  mengemukakan
               paradigma  atau  cara  pandang  baru  yang  diperlukan  institusi  untuk
               menyikapi  berbagai  perubahan  lingkungan,  diantaranya  adanya  tekanan
               publik yang menyebabkan ketidakpastian yaitu: massification of education,
               tuntutan  untuk  memberikan  open  educational  resources  kepada
               masyarakat,  tuntutan  lulusan  yang  siap  kerja,  tantangan  globalisasi  dan
               persaingan.  Tuntutan  yang  paling  mengemuka  adalah  institusi  pendidikan
               tinggi  harus  entrepreneur  application  dan  innovation  driven,  berbeda  dari
               kondisi  saat  ini  hanya  beraktivitas  di  zona  aman  (pure  public  dan  budget
               driven).  Selain  itu  institusi  perguruan  tinggi  juga  menghadapi  perubahan
               lingkungan dari yang cakupannya hanya nasional/regional kearah yang lebih
               komplek yaitu adanya tantangan interdeciplinary, international, network dan
               extensively partner. Lebih lanjut, Gibb et al., 2009 menyatakan  esensi dari
               perubahan  paradigma  yang  harus  dihadapi  institusi  pendidikan  tinggi
               adalah  perlu  perubahan  dari  institusi  yang  berbasis  individual  yang
               mementingkan  pengembangan  ilmu  pengetahuan  dan  penelitian  menuju
               institusi yang memperhitungkan aspek sosial dengan mengutamakan pada
               berbagi pengetahuan (lihat Gambar 1).
                                                             Public Value
                                                             Relevance,
                                                            Integrated and
                      Pure Knowledge and                      Engange
                      Research Based
                        Paradigm                           Societally Shared
                                                           Knowledge-Based
                                                              Excellence
                     Individual Curisity-
                      Based Excellence


                                    Sumber: Gibb et al., (2009:35)

                          Gambar 1. Perubahan Paradigma Pergurun Tinggi

                   Penjelasan  para  ahli  mengenai  definisi  entrepreneurial  university
               berbeda-beda konteks. Berkaitan dengan pembahasan paper ini, maka ada
   39   40   41   42   43   44   45   46   47   48   49