Page 49 - Institusi Pendidikan Tinggi Di Era Digital: Pemikiran, Permodelan, Dan Praktik Baik
P. 49

36  Institusi Pendidikan Tinggi di Era Digital: Pemikiran, Permodelan dan Praktek Baik


        Proposisi 6 (P6):   network  collaborative  sebagai  bagian  penting  untuk
                       mendorong institusi melakukan percepatan inovasi perlu
                       didukung   oleh   kapabilitas   untuk   memanfaatkan
                       perubahan  turbulance  environment  menjadi  peluang
                       bukan ancaman.

            Dari  pembahasan  tersebut  diatas,  pada  intinya  dapat  digarisbawahi
        bahwa  institusi  pendidikan  yang  menuju  kearah  entrepreneurial  university
        dituntut untuk dapat memanfaatkan peluang lingkungan eksternal dengan
        cara  pengoptimalkan  komersialisasi  dan  komoditasi  jasa  didukung  oleh
        kemampuan berinovasi. Untuk itu institusi harus mampu membangun public
        value  dengan  memberikan  kepuasan  kepada  stakeholder  dan  yang  lebih
        penting  sebagai  innovation  agent  bagi  peningkatan  kesejahteraan
        masyarakat.    Secara  implisit  sektor  publik  harus  mempunyai  tujuan  untuk
        menciptakan  public  value.  Oleh  karena  itu  semua  setor  publik  harus
        mempunyai orientasi public value yang tinggi (Moore, 1995; Wood, 2008).
            Untuk  dapat  membangun  strong  public  value  perlu  didukung  oleh
        beberapa  hal  yaitu  menciptakan  orientasi  kewirausahaan  (take  risk,
        innovation,  proactive),  meningkatkan  orientasi  pembelajaran  (shared
        knowledge,  learning  commitment,  openess)  dan  mengoptimalkan
        collaborative  network  dengan  stakeholder  (kolaborasi,  angegement,
        relationship dan community empowerment). Hasil dari beberapa pemikiran
        tersebut  dapat  digunakan  sebagai  dasar  untuk  mengajukan  tiga  proposisi
        berikut.

        Proposisi 7 (P7):   terbangunnya  budaya  entrepreneurship  dengan  cara
                       memperkuat orientasi kewirausahaan pada institusi akan
                       dapat memperkokoh terciptanya public value.
        Proposisi 8 (P8):   public  value  pada  institusi  pendidikan  tinggi  dapat
                       diperkuat  melalui  penciptaan  orientasi  pembelajaran
                       yang kuat.

        Proposisi 9 (P9):   keberhasilan   institusi   pendidikan   tinggi   menuju
                       entrepreneurial university melalui penciptaan public value
                       sangat  dipengaruhi  oleh  kemampuan  melakukan
                       collaborative network secara optimal.
   44   45   46   47   48   49   50   51   52   53   54