Page 50 - Institusi Pendidikan Tinggi Di Era Digital: Pemikiran, Permodelan, Dan Praktik Baik
P. 50
Institusi Pendidikan Tinggi di Era Digital: Pemikiran, Permodelan dan Praktek Baik 37
Berdasarkan proposisi-proposisi yang dibangun, berikut disampaikan
model entrepreneurial university (Gambar 2)
INPUT PROCESS OUTPUT
Learning
Orientation:
Organization:
Manajemen Learning
Commitment
Support Openess
Reward Togethernes
Resources s
Collaborative Public Value:
Network: Trust
Relationship Image
Environment: Engangemen Mission
Multitude tt
Variety Kolaborasi
Legal Entepreneurial
Orientation:
Innovation
Risk taking
Proactive
Sumber: author
Gambar 2. Konseptual Model
PEMBAHASAN
Era knowledge based economy, yang dipicu antara lain oleh
perkembangan ICT mendorong institusi pendidikan tinggi untuk dapat
memanfaatkan sumberdaya yang dimiliki sehingga dapat memperkokoh
perannya sebagai innovation agent. Dengan menjadi entrepreneurial
university, maka institusi pendidikan tinggi dapat memanfaatkan hasil riset
dan transfer teknologi melaui patent, licensing dan profesional consultant
untuk kemajuan industri dan dunia bisnis. Bagi institusi pendidikan tinggi
menjadi entrepreneurial university tidak mudah karena masih menghadapi
berbagai kendala keterbatasan sumberdaya dan kolaborasi dengan dunia
industri belum optimal. Untuk itu perlu dikembangkan suatu langkah
strategis yang dapat menggerakkan semua pihak pada tingkat middle
manajer (Fakultas, Jurusan dan Program Studi). Kekuatan unsur middle