Page 50 - Institusi Pendidikan Tinggi Di Era Digital: Pemikiran, Permodelan, Dan Praktik Baik
P. 50

Institusi Pendidikan Tinggi di Era Digital: Pemikiran, Permodelan dan Praktek Baik  37


                   Berdasarkan  proposisi-proposisi  yang  dibangun,  berikut  disampaikan
               model entrepreneurial university (Gambar 2)

                    INPUT                 PROCESS               OUTPUT


                                        Learning
                                        Orientation:
                 Organization:
                     Manajemen          Learning
                                          Commitment
                    Support              Openess
                    Reward               Togethernes
                     Resources            s
                                        Collaborative           Public Value:
                                        Network:                 Trust
                                           Relationship         Image
                  Environment:             Engangemen           Mission
                     Multitude            tt
                    Variety               Kolaborasi

                     Legal             Entepreneurial
                                        Orientation:
                                           Innovation
                                           Risk taking
                                           Proactive

                                         Sumber: author
                                   Gambar 2. Konseptual Model

               PEMBAHASAN
                   Era  knowledge  based  economy,  yang  dipicu  antara  lain  oleh
               perkembangan  ICT  mendorong  institusi  pendidikan  tinggi  untuk  dapat
               memanfaatkan  sumberdaya  yang  dimiliki  sehingga  dapat  memperkokoh
               perannya  sebagai  innovation  agent.  Dengan  menjadi  entrepreneurial
               university, maka institusi pendidikan tinggi dapat memanfaatkan hasil riset
               dan  transfer  teknologi  melaui  patent,  licensing  dan  profesional  consultant
               untuk  kemajuan  industri  dan  dunia  bisnis.  Bagi  institusi  pendidikan  tinggi
               menjadi entrepreneurial university tidak mudah karena masih menghadapi
               berbagai  kendala  keterbatasan  sumberdaya  dan  kolaborasi  dengan  dunia
               industri  belum  optimal.  Untuk  itu  perlu  dikembangkan  suatu  langkah
               strategis  yang  dapat  menggerakkan  semua  pihak  pada  tingkat  middle
               manajer  (Fakultas,  Jurusan  dan  Program  Studi).    Kekuatan  unsur  middle
   45   46   47   48   49   50   51   52   53   54   55