Page 38 - Institusi Pendidikan Tinggi Di Era Digital: Pemikiran, Permodelan, Dan Praktik Baik
P. 38
Institusi Pendidikan Tinggi di Era Digital: Pemikiran, Permodelan dan Praktek Baik 25
Entrepreneurial University Menjadi Alternatif
Pilihan Institusi Pendidikan Tinggi Menghadapi
Persaingan Di Era Digital: Permodelan
Penciptaan Public Value
Ginta Ginting
PENDAHULUAN
Tuntutan dunia modern yang diwarnai knowledge based economy
mendorong institusi beroperasi entrepreneurially. Salah satu trends terbaru
yang mempengaruhi lanskap bisnis di dunia modern saat ini adalah
perkembangan Information Communication Technology/ICT yang sangat
revolusioner. Dampak perkembangan ICT sangat besar terhadap kecepatan
produksi, distribusi pengetahuan, meningkatnya publikasi ilmuwan,
meningkatnya patent aplication dan memudahkan akses terhadap ilmu
pengetahuan serta informasi (The world Bank, 2002). Perkembangan suatu
negara memanfaatkan keunggulan knowledge economy, sangat ditentukan
oleh sejauh mana dapat menyesuaikan secara cepat capability dan
resources yang dimikili dalam mengakomodasi perubahan ICT. (Barney,
1991; Guerrero & Urbano, 2010).
Pada saat ini, di Indonesia khususnya, institusi pada private sector
dapat dinyatakan telah berhasil mengembangkan strategi untuk
memanfaatkan peluang era knowledge based economy. Sebagai contoh,
perkembangan internet yang semakin merata diseluruh Indonesia telah
mendorong perkembangan E-Commerce. Internet telah menjadi bagian dari
gaya hidup masyarakat Indonesia. Jika kita perhatikan saat ini transaksi
E-Commerce meningkat tajam. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet
Indonesia (pada Yuswohady dan Gani, 2015:269) menyebutkan pengguna
internet di Indonesia pada tahun 2012 mencapai 63 juta orang atau 24%
dari jumlah populasi, jumlah ini terus meningkat, pada tahun 2013 mencapai
82 juta, tahun 2014 mencapai 107 juta, dan tahun 2015 mencapai 139 juta
(55,8% dari jumlah penduduk). Berkembangnya E-commerce ditandai
dengan maraknya jasa pelayanan transportasi yang memanfaatkan aplikasi
seperti “Gojek” dan “Taksi Uber”. Contoh lain, PT. Fujitso yang produknya
adalah komputer (hardware dan software) sangat concern dengan kehadiran