Page 30 - Institusi Pendidikan Tinggi Di Era Digital: Pemikiran, Permodelan, Dan Praktik Baik
P. 30

Institusi Pendidikan Tinggi di Era Digital: Pemikiran, Permodelan dan Praktek Baik  17


                   Pada  dasarnya,  upaya  pengembangan  lingkungan  pembelajaran  yang
               memperkuat teknologi tidak dapat dijawab dengan hanya satu pendekatan
               saja.  Tidak  ada  satu  resep  tentang  bagaimana  suatu  lingkungan
               pembelajaran  harus  dirakit  sehingga  dapat  memaksimumkan  keuntungan.
               Banyak  variabel  yang  bekerja  dalam  lingkungan  pembelajaran,  bahkan
               mungkin  suatu  kombinasi  dari  variabel  tertetu  bekerja  baik  dalam  satu
               situasi tertentu namun tidak bekerja baik pada situasi yang lain. Menurut
               Warger,  Serve,  dan  Dobbin  (2009)  bahwa  dalam  kenyataan  teknologi  dan
               metode  pengajaran  terus  menerus  berkembang,  maka  pekerjaan
               menciptakan  keefektivan  lingkungan  pembelajaran  merupakan  suatu
               perjalanan  bukan  suatu  tempat  pemberhentian.  Artinya,  kita  harus  mulai
               berpikir dalam terminologi lingkungan yang terdiri dari banyak faktor yang
               memengaruhi  proses  pembelajaran  dan  berjuang  untuk  memahami,
               menguji, mengukur, dan mengevaluasi bagaimana mereka bekerja bersama-
               sama sebagai suatu sistem yang saling berinteraksi menjadi sebuah ekologi
               pembelajaran.
                   Oleh  karena  itu,  agar  berhasil  membentuk  lingkungan  pembelajaran
               yang memperkuat teknologi, maka upaya tersebut harus merepresentasikan
               upaya  terkoordinasi  dari  berbagai  level  organisasi.  Proses  investigasi  dan
               penciptaan lingkungan pembelajaran yang efektif salah satunya tergantung
               dari  partisipasi  dan  kepemimpinan  bagian  akademik  fakultas,  perancang
               pembelajaran, para pakar teknologi, mahasiswa/peserta didik, dosen senior,
               dan pustakawan. Berbagai kajian dan kerja di lingkungan pembelajaran yang
               memperkuat  teknologi  merupakan  peluang  yang  sangat  bagus  agar  dapat
               memusatkan perhatian pada sasaran umum tersebut dan menemukan cara-
               cara  baru  untuk  bekerja  sama  mencapai  sasaran  yang  telah  ditentukan
               tersebut.  Namun  demikian,  beberapa  rekomendasi  dan  prinsip-prinsip
               dalam  perjalanan  mencapai  lingkungan  pembelajaran  yang  memperkuat
               teknologi perlu diperhatikan sebagai berikut.
               1.  Berfikir  secara  cermat  tentang  apa  yang  akan  dicoba  untuk  dicapai.
                   Konstruksi suatu lingkungan pembelajaran yang memperkuat teknologi
                   mensyaratkan suatu pemikiran tentang apa yang akan diharapkan dan
                   apa  yang  akan  ditawarkan  kepada  peserta  didik/mahasiswa  yang
                   terlibat dalam pembelajaran tersebut.
               2.  Pertahankan  terus  suatu  tatapan  mata  terhadap  teknologi.  Teknologi
                   informasi  merupakan  bagian  terbesar  untuk  menguji  kembali  ruang
                   pembelajaran  sehingga  membawa  kita  untuk  mempertimbangkan
   25   26   27   28   29   30   31   32   33   34   35