Page 30 - Institusi Pendidikan Tinggi Di Era Digital: Pemikiran, Permodelan, Dan Praktik Baik
P. 30
Institusi Pendidikan Tinggi di Era Digital: Pemikiran, Permodelan dan Praktek Baik 17
Pada dasarnya, upaya pengembangan lingkungan pembelajaran yang
memperkuat teknologi tidak dapat dijawab dengan hanya satu pendekatan
saja. Tidak ada satu resep tentang bagaimana suatu lingkungan
pembelajaran harus dirakit sehingga dapat memaksimumkan keuntungan.
Banyak variabel yang bekerja dalam lingkungan pembelajaran, bahkan
mungkin suatu kombinasi dari variabel tertetu bekerja baik dalam satu
situasi tertentu namun tidak bekerja baik pada situasi yang lain. Menurut
Warger, Serve, dan Dobbin (2009) bahwa dalam kenyataan teknologi dan
metode pengajaran terus menerus berkembang, maka pekerjaan
menciptakan keefektivan lingkungan pembelajaran merupakan suatu
perjalanan bukan suatu tempat pemberhentian. Artinya, kita harus mulai
berpikir dalam terminologi lingkungan yang terdiri dari banyak faktor yang
memengaruhi proses pembelajaran dan berjuang untuk memahami,
menguji, mengukur, dan mengevaluasi bagaimana mereka bekerja bersama-
sama sebagai suatu sistem yang saling berinteraksi menjadi sebuah ekologi
pembelajaran.
Oleh karena itu, agar berhasil membentuk lingkungan pembelajaran
yang memperkuat teknologi, maka upaya tersebut harus merepresentasikan
upaya terkoordinasi dari berbagai level organisasi. Proses investigasi dan
penciptaan lingkungan pembelajaran yang efektif salah satunya tergantung
dari partisipasi dan kepemimpinan bagian akademik fakultas, perancang
pembelajaran, para pakar teknologi, mahasiswa/peserta didik, dosen senior,
dan pustakawan. Berbagai kajian dan kerja di lingkungan pembelajaran yang
memperkuat teknologi merupakan peluang yang sangat bagus agar dapat
memusatkan perhatian pada sasaran umum tersebut dan menemukan cara-
cara baru untuk bekerja sama mencapai sasaran yang telah ditentukan
tersebut. Namun demikian, beberapa rekomendasi dan prinsip-prinsip
dalam perjalanan mencapai lingkungan pembelajaran yang memperkuat
teknologi perlu diperhatikan sebagai berikut.
1. Berfikir secara cermat tentang apa yang akan dicoba untuk dicapai.
Konstruksi suatu lingkungan pembelajaran yang memperkuat teknologi
mensyaratkan suatu pemikiran tentang apa yang akan diharapkan dan
apa yang akan ditawarkan kepada peserta didik/mahasiswa yang
terlibat dalam pembelajaran tersebut.
2. Pertahankan terus suatu tatapan mata terhadap teknologi. Teknologi
informasi merupakan bagian terbesar untuk menguji kembali ruang
pembelajaran sehingga membawa kita untuk mempertimbangkan