Page 236 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 236
212 Pendekatan Kegiatan Instruksional
Berdasarkan Teori-Teori Belajar
4) Pada permulaan belajar diberikan penguatan secara
kontinu.
5) Penguatan diberikan secepat mungkin, begitu terlihat
adanya respons yang benar, setiap kali peserta didik
memberikan respons yang benar, maka ia diberi
penguatan.
6) Penguatan positif lebih banyak diberikan daripada
penguatan negatif, karena penguatan positif
membawa pengaruh yang lebih baik kepada peserta
didik.
7) Adanya respons menyebabkan peserta didik
memperoleh penguatan, sehingga hal ini
menyebabkan respons tersebut cenderung untuk di
ulang-ulang.
Rangkuman
Teori belajar dan pendekatannya yang dipilih untuk
dibahas di dalam bab ini, antara lain adalah :
1. Pendekatan Kegiatan Instruksional Berbasis Teori
Robert Gagne.
Kegiatan instruksional ini didasarkan delapan
teori dalam belajar yang dilakukan secara prosedural
atau hierarki. Kedelapan teori yang digunakan untuk
kegiatan instruksional tersebut adalah sebagai berikut
: a.belajar sinyal, b.belajar stimulus respon, c.belajar
merangkai tingkah laku, d.belajar assosiasi verbal,
e.belajar diskriminasi ganda, f.belajar konsep, g.Belajar
aturan, h.belajar memecahkan masalah.
PROFIL GURU MASA DEPAN