Page 236 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 236

212         Pendekatan Kegiatan Instruksional
                Berdasarkan Teori-Teori Belajar

                4)  Pada  permulaan  belajar  diberikan  penguatan  secara
                    kontinu.
                5)  Penguatan diberikan secepat mungkin, begitu terlihat
                    adanya respons yang benar, setiap kali peserta didik
                    memberikan  respons  yang  benar,  maka  ia  diberi

                    penguatan.
                6)  Penguatan  positif  lebih  banyak  diberikan  daripada
                    penguatan  negatif,  karena  penguatan  positif
                    membawa pengaruh yang lebih baik kepada peserta
                    didik.
                7)  Adanya  respons  menyebabkan  peserta  didik
                    memperoleh     penguatan,    sehingga     hal   ini

                    menyebabkan  respons  tersebut  cenderung  untuk  di
                    ulang-ulang.

           Rangkuman

                 Teori belajar dan pendekatannya yang dipilih untuk
           dibahas di dalam bab ini, antara lain adalah :
            1.  Pendekatan Kegiatan Instruksional Berbasis Teori
               Robert Gagne.

                     Kegiatan  instruksional  ini  didasarkan  delapan
               teori  dalam  belajar  yang  dilakukan  secara  prosedural
               atau  hierarki.  Kedelapan  teori  yang  digunakan  untuk
               kegiatan instruksional tersebut adalah sebagai berikut

               :  a.belajar  sinyal,  b.belajar  stimulus  respon,  c.belajar
               merangkai  tingkah  laku,  d.belajar  assosiasi  verbal,
               e.belajar diskriminasi ganda, f.belajar konsep, g.Belajar
               aturan, h.belajar memecahkan masalah.



           PROFIL GURU MASA DEPAN
   231   232   233   234   235   236   237   238   239   240   241