Page 235 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 235
Berdasarkan Teori-Teori Belajar 211
Pendekatan Kegiatan Instruksional
Keempat: Peserta didik diberikan penguatan atau
reinforcement, agar ia merasakan adanya
kebutuhan untuk memberikan respons lagi.
Dari teori-teori yang dikemukakan diatas, guru
dalam memberikan materi pelajaran diterapkan hal hal
sebagai berikut :
1) Peserta didik berpartisipasi secara aktif di dalam
kegiatan instruksional.
2) Materi pelajaran dirancang dalam unit-unit kecil
dan diatur berdasarkan urutan yang logis, sehingga
peserta didik mudah mempelajarinya dan peserta
didik hanya perlu memberikan suatu respons tertentu
saja.
3) Tiap-tiap respons diberi umpan balik secara
langsung, sehingga peserta didik dapat segera tahu,
apakah respons yang diberikan telah benar atau
belum.
BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN