Page 235 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 235

Berdasarkan Teori-Teori Belajar  211
                                          Pendekatan Kegiatan Instruksional

                   Keempat:   Peserta  didik  diberikan  penguatan  atau
                              reinforcement, agar ia merasakan adanya
                              kebutuhan untuk memberikan respons lagi.

























                         Dari  teori-teori  yang  dikemukakan  diatas,  guru
                   dalam memberikan materi pelajaran diterapkan hal hal

                   sebagai berikut :
                    1)  Peserta  didik  berpartisipasi  secara  aktif  di  dalam
                        kegiatan instruksional.
                    2)  Materi  pelajaran  dirancang  dalam  unit-unit    kecil
                        dan  diatur  berdasarkan  urutan  yang  logis,  sehingga
                        peserta  didik  mudah  mempelajarinya  dan  peserta
                        didik hanya perlu memberikan suatu respons tertentu

                        saja.
                    3)  Tiap-tiap  respons  diberi  umpan  balik  secara
                        langsung, sehingga peserta didik dapat segera tahu,
                        apakah  respons  yang  diberikan  telah  benar  atau
                        belum.


                                             BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN
   230   231   232   233   234   235   236   237   238   239   240