Page 230 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 230

206         Pendekatan Kegiatan Instruksional
                Berdasarkan Teori-Teori Belajar

            4.  Pendekatan Kegiatan Instruksional Berbasis Teori
               Konstruktivisme
























                     Menurut  Jonassen  (1996)  saat  ini  sedang  terjadi

               suatu  paradigma  baru  atau  suatu  revolusi  belajar  dan
               pembelajaran  (The  Scientific  Revolution)  di  mana  para
               peneliti dan pendidik sedang berdiskusi mengenai belajar
               tentang apa artinya ’’mengetahui sesuatu“ dan ”bagaimana
               sampai  mengetahui  sesuatu“  itu.  Paradigma    yang
               sedang  berusaha  mencari  sesuatu  yang  baru  itu  disebut
               Konstruktivisme. Adapun arti dari Konstruktivisme yaitu
               memperhatikan  proses  bagaimana  para  peserta  didik
               membangun (constructs) pengetahuan.
                     Menurut Jonanssen (1996) bagaimana peserta didik

               membangun pengetahuan tergantung pada apa yang telah
               mereka  ketahui,  yang  kemudian  tergantung  pada  jenis-
               jenis pengalaman yang mereka telah temukan. Bagaimana
               mereka menyusun berbagai pengalaman tersebut menjadi
               struktur-struktur pengetahuan, dan keyakinan yang

           PROFIL GURU MASA DEPAN
   225   226   227   228   229   230   231   232   233   234   235