Page 230 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 230
206 Pendekatan Kegiatan Instruksional
Berdasarkan Teori-Teori Belajar
4. Pendekatan Kegiatan Instruksional Berbasis Teori
Konstruktivisme
Menurut Jonassen (1996) saat ini sedang terjadi
suatu paradigma baru atau suatu revolusi belajar dan
pembelajaran (The Scientific Revolution) di mana para
peneliti dan pendidik sedang berdiskusi mengenai belajar
tentang apa artinya ’’mengetahui sesuatu“ dan ”bagaimana
sampai mengetahui sesuatu“ itu. Paradigma yang
sedang berusaha mencari sesuatu yang baru itu disebut
Konstruktivisme. Adapun arti dari Konstruktivisme yaitu
memperhatikan proses bagaimana para peserta didik
membangun (constructs) pengetahuan.
Menurut Jonanssen (1996) bagaimana peserta didik
membangun pengetahuan tergantung pada apa yang telah
mereka ketahui, yang kemudian tergantung pada jenis-
jenis pengalaman yang mereka telah temukan. Bagaimana
mereka menyusun berbagai pengalaman tersebut menjadi
struktur-struktur pengetahuan, dan keyakinan yang
PROFIL GURU MASA DEPAN