Page 226 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 226
202 Pendekatan Kegiatan Instruksional
Berdasarkan Teori-Teori Belajar
kemampuan berpikir rasional, menganalisa dan
menggunakan kemampuan tersebut dalam situasi
berbeda. Menurut Gagne (1980), belajar dengan
pendekatan pemecahan masalah, merupakan cara
belajar yang kompleks dan paling tinggi tingkatannya
dibandingkan dengan jenis belajar lainnya. Menurut
Polya ada lima langkah pemecahan masalah yang
dapat menjadi penuntun untuk guru dan peserta didik
melaksanakan pemecahan masalah di kelas. Tugas
guru dalam hal ini adalah :
Pertama : menggunakan penuntun, mengarahkan
peserta didik menyelesaikan masalah.
Kedua : memberikan peserta didik untuk
menggunakan penuntun ini dalam
menyelesaikan masalah mereka.
Penuntun pemecahan masalah tersebut adalah:
1) Menyajikan masalah dalam bentuk umum,
2) Menyajikan kembali masalah dalam bentuk
yang lebih operasional
3) Menentukan strategi atau prosedur untuk
menyelesaikan masalah
4) Menyelesaikan masalah
5) Menganalisa dan mengevaluasi penyelesaian
masalah, strategi penyelesaian masalah, dan
metode menemukan strategi penyelesaian
masalah.
PROFIL GURU MASA DEPAN