Page 226 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 226

202         Pendekatan Kegiatan Instruksional
                Berdasarkan Teori-Teori Belajar

                    kemampuan  berpikir  rasional,  menganalisa  dan

                    menggunakan  kemampuan  tersebut  dalam  situasi
                    berbeda.  Menurut  Gagne  (1980),  belajar  dengan
                    pendekatan  pemecahan  masalah,  merupakan  cara
                    belajar yang kompleks dan paling tinggi tingkatannya

                    dibandingkan dengan jenis belajar lainnya. Menurut
                    Polya  ada  lima  langkah  pemecahan  masalah  yang
                    dapat menjadi penuntun untuk guru dan peserta didik
                    melaksanakan  pemecahan  masalah  di  kelas.  Tugas
                    guru dalam hal ini adalah :


                    Pertama  :  menggunakan  penuntun,  mengarahkan
                               peserta didik menyelesaikan masalah.

                    Kedua  :  memberikan  peserta  didik  untuk
                               menggunakan  penuntun  ini  dalam
                               menyelesaikan masalah mereka.


                    Penuntun pemecahan masalah tersebut adalah:
                     1)  Menyajikan masalah dalam bentuk umum,
                     2)  Menyajikan kembali masalah dalam bentuk
                         yang lebih operasional

                     3)  Menentukan  strategi  atau  prosedur  untuk
                         menyelesaikan masalah
                     4)  Menyelesaikan masalah
                     5)  Menganalisa dan mengevaluasi penyelesaian

                         masalah,  strategi  penyelesaian  masalah,  dan
                         metode  menemukan  strategi  penyelesaian
                         masalah.

           PROFIL GURU MASA DEPAN
   221   222   223   224   225   226   227   228   229   230   231