Page 222 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 222

198         Pendekatan Kegiatan Instruksional
                Berdasarkan Teori-Teori Belajar

               benar  terserap  dengan  baik.  Penyajian  materi  yang
               disesuaikan  dengan  perkembangan  peserta  didik  akan
               menghasilkan  hasil  belajar  yang  maksimal  bagi  peserta
               didik.  Dengan  cara  penyajian  seperti  ini,  peserta  didik
               yang belajar akan siap menerima materi pelajaran dilihat
               dari segi perkembangan kemampuan berpikirnya. Itulah
               sebabnya  sajian  materi  yang  diberikan  kepada  peserta
               didik  berbeda-beda  sesuai  dengan  jenjang  periode
               berpikirnya.

                     Dalam  hal  ini  peserta  didik  pada  tingkat  dasar
               sajiannya    masih    bersifat    konkret,    terutama    untuk
               mata  pelajaran  Matematika,  dan  makin  tinggi  jenjang
               pendidikan  peserta  didik  maka  sajian  materi  pelajaran
               semakin  abstrak.  Salah  satu  model  Perkembangan
               Psikologi  Kognitif  yang  sering    digunakan    sebagai
               acuan  yang  berhubungan  dengan  memori  adalah  model
               James  yang  direvisi  oleh  Waugh  dan  Norman  (1965),
               selanjutnya, secara visual model ini, dapat dilihat berikut
               ini.

























           PROFIL GURU MASA DEPAN
   217   218   219   220   221   222   223   224   225   226   227