Page 222 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 222
198 Pendekatan Kegiatan Instruksional
Berdasarkan Teori-Teori Belajar
benar terserap dengan baik. Penyajian materi yang
disesuaikan dengan perkembangan peserta didik akan
menghasilkan hasil belajar yang maksimal bagi peserta
didik. Dengan cara penyajian seperti ini, peserta didik
yang belajar akan siap menerima materi pelajaran dilihat
dari segi perkembangan kemampuan berpikirnya. Itulah
sebabnya sajian materi yang diberikan kepada peserta
didik berbeda-beda sesuai dengan jenjang periode
berpikirnya.
Dalam hal ini peserta didik pada tingkat dasar
sajiannya masih bersifat konkret, terutama untuk
mata pelajaran Matematika, dan makin tinggi jenjang
pendidikan peserta didik maka sajian materi pelajaran
semakin abstrak. Salah satu model Perkembangan
Psikologi Kognitif yang sering digunakan sebagai
acuan yang berhubungan dengan memori adalah model
James yang direvisi oleh Waugh dan Norman (1965),
selanjutnya, secara visual model ini, dapat dilihat berikut
ini.
PROFIL GURU MASA DEPAN