Page 220 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 220
196 Pendekatan Kegiatan Instruksional
Berdasarkan Teori-Teori Belajar
dunia dalam, agar terjadi keseimbangan untuk menjaga
stabilitas mental dalam diri peserta didik. Proses inilah
yang disebut ”equilibrasi” Setiap orang mempunyai
kemampuan equilibrasi yang berbeda, disinilah diperlukan
peranan guru untuk mengenal kemampuan tersebut
pada setiap anak. Seseorang yang memiliki kemampuan
equilibrasi yang baik, akan mampu mengolah informasi
yang ada dalam pikirannya secara teratur, jelas, logis,
sistematis, jernih dan tidak semrawut, sementara yang
tidak memiliki equilibrasi yang baik, tidak dapat mengolah
informasi secara baik, semrawut, tidak logis, tidak jernih,
dan tidak sistematis.
Kedua: Bagaimana pembentukan pengetahuan terjadi,
adalah berdasarkan pengetahuan dan pemahaman yang
ada dalam pikiran peserta didik, mereka membangun
pengetahuan tergantung pada apa yang telah mereka
ketahui, yang kemudian tergantung pada jenis-jenis
pengalaman yang mereka telah temukan, dan mereka
belajar dari hasil pengalaman mereka. Peran guru di sini
membantu menghubungkan apa yang mereka ketahui
dengan apa yang mereka pelajari.
Ketiga: Tahap-tahap perkembangan intelektual, menurut
Piaget untuk memahami materi pelajaran yang diberi
di sekolah dari konsep yang sederhana menuju pada
konsep yang lebih tinggi akan berjalan seiring dengan
perkembangan kognitif yang dilalui peserta didik yang
dipilahnya menjadi empat periode berpikir. Keempat
periode berpikir itu adalah:
PROFIL GURU MASA DEPAN