Page 220 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 220

196         Pendekatan Kegiatan Instruksional
                Berdasarkan Teori-Teori Belajar

               dunia  dalam,  agar  terjadi  keseimbangan  untuk  menjaga
               stabilitas  mental  dalam  diri  peserta  didik.  Proses  inilah
               yang  disebut  ”equilibrasi”  Setiap  orang  mempunyai
               kemampuan equilibrasi yang berbeda, disinilah diperlukan
               peranan  guru  untuk  mengenal    kemampuan    tersebut

               pada setiap anak. Seseorang yang memiliki kemampuan
               equilibrasi yang baik, akan mampu mengolah informasi
               yang  ada  dalam  pikirannya  secara  teratur,  jelas,  logis,
               sistematis,  jernih  dan  tidak  semrawut,  sementara  yang
               tidak memiliki equilibrasi yang baik, tidak dapat mengolah
               informasi secara baik, semrawut, tidak logis, tidak jernih,
               dan tidak sistematis.


               Kedua:  Bagaimana  pembentukan  pengetahuan  terjadi,
               adalah  berdasarkan  pengetahuan  dan  pemahaman  yang
               ada  dalam  pikiran  peserta  didik,  mereka  membangun
               pengetahuan  tergantung  pada  apa  yang  telah  mereka
               ketahui,  yang  kemudian  tergantung  pada  jenis-jenis
               pengalaman  yang  mereka  telah  temukan,  dan  mereka
               belajar dari hasil pengalaman mereka. Peran guru di sini
               membantu  menghubungkan  apa  yang  mereka  ketahui

               dengan apa yang mereka pelajari.

               Ketiga: Tahap-tahap perkembangan intelektual, menurut
               Piaget untuk memahami materi  pelajaran  yang  diberi
               di  sekolah  dari  konsep  yang  sederhana  menuju  pada
               konsep  yang  lebih  tinggi  akan  berjalan  seiring  dengan
               perkembangan  kognitif  yang  dilalui  peserta  didik  yang

               dipilahnya  menjadi  empat  periode  berpikir.  Keempat
               periode berpikir itu adalah:
           PROFIL GURU MASA DEPAN
   215   216   217   218   219   220   221   222   223   224   225