Page 216 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 216
192 Pendekatan Kegiatan Instruksional
Berdasarkan Teori-Teori Belajar
dari delapan teori belajar yang diuraikan di atas
adalah teori belajar dasar yang harus dikuasai
peserta didik sebelum ia dapat mempelajari
masalah yang lebih tinggi tingkatannya. Dua teori
belajar yang lebih kompleks dan tinggi, adalah
belajar pemecahan masalah dan belajar aturan.
Belajar aturan adalah prasyarat bagi pembelajaran
pemecahan masalah. Pembelajaran pemecahan
masalah terdiri dari memilih dan merantai aturan-
aturan, yang akan menghasilkan aturan-aturan
yang lebih tinggi. Penemuan dan kreativitas sangat
erat kaitannya dengan pemecahan masalah ini.
Oleh karena itu, kegiatan instruksional pemecahan
masalah ini sangat tepat diberikan kepada semua
peserta didik. Gambar ini memperlihatkan seorang
guru menggunakan teori dan pendekatan kegiatan
instruksional pemecahan masalah.
PROFIL GURU MASA DEPAN