Page 216 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 216

192         Pendekatan Kegiatan Instruksional
                Berdasarkan Teori-Teori Belajar

                    dari  delapan  teori  belajar  yang  diuraikan  di  atas
                    adalah  teori  belajar  dasar  yang  harus  dikuasai

                    peserta  didik  sebelum  ia  dapat  mempelajari
                    masalah yang lebih tinggi tingkatannya. Dua teori
                    belajar  yang  lebih  kompleks  dan  tinggi,  adalah

                    belajar  pemecahan  masalah  dan  belajar  aturan.
                    Belajar aturan adalah prasyarat bagi pembelajaran
                    pemecahan  masalah.  Pembelajaran  pemecahan
                    masalah terdiri dari memilih dan merantai aturan-

                    aturan,  yang  akan  menghasilkan  aturan-aturan
                    yang lebih tinggi. Penemuan dan kreativitas sangat
                    erat  kaitannya  dengan  pemecahan  masalah  ini.

                    Oleh karena itu, kegiatan instruksional pemecahan
                    masalah ini sangat tepat diberikan kepada semua
                    peserta didik. Gambar ini memperlihatkan seorang

                    guru menggunakan teori dan pendekatan kegiatan
                    instruksional pemecahan masalah.
























           PROFIL GURU MASA DEPAN
   211   212   213   214   215   216   217   218   219   220   221