Page 215 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 215
Berdasarkan Teori-Teori Belajar 191
Pendekatan Kegiatan Instruksional
Belajar aturan adalah belajar yang mengaitkan
antara dua konsep atau lebih dengan aturan. Dalam
belajar aturan, guru menyetujui aturan yang akan
dipelajari, sehingga dapat membantu aktivitas untuk
peserta didik dan menggunakannya dengan cara
yang tepat. Dalam kegiatan instruksional, beberapa
mata pelajaran seperti Matematika. Banyak
kegiatan instruksional yang menggunakan aturan.
Nampaknya tipe belajar aturan seperti ini lebih
efektif digunakan untuk menunjang kelancaran
kegiatan instruksional Matematika dibandingkan
dengan tipe pembelajaran yang lain.
h. Belajar Memecahkan Masalah (Problem Solving
Learning)
Belajar memecahkan masalah adalah suatu
kemampuan yang dimiliki peserta didik dimana
peserta didik selalu mampu untuk memecahkan
masalah yang dia temukan. Pada hakikatnya
pemecahan masalah merupakan tujuan utama
dari suatu kegiatan instruksional. Guru harus
memberikan prioritas pada usaha ”bagaimana
berpikir dengan jelas” dalam memecahkan suatu
masalah. Dalam kegiatan instruksional belajar
Matematika merupakan hasil dari kemampuan-
kemampuan yang dapat diamati dan diukur.
Menurut Gagne (1985) enam teori belajar
BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN