Page 215 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 215

Berdasarkan Teori-Teori Belajar  191
                                          Pendekatan Kegiatan Instruksional

                             Belajar aturan adalah belajar yang mengaitkan
                        antara dua konsep atau lebih dengan aturan. Dalam

                        belajar aturan, guru menyetujui aturan yang  akan
                        dipelajari, sehingga dapat membantu aktivitas untuk
                        peserta  didik  dan  menggunakannya  dengan  cara

                        yang tepat. Dalam kegiatan instruksional, beberapa
                        mata  pelajaran  seperti  Matematika.  Banyak
                        kegiatan instruksional yang menggunakan aturan.
                        Nampaknya  tipe  belajar  aturan  seperti  ini  lebih

                        efektif  digunakan  untuk  menunjang  kelancaran
                        kegiatan  instruksional  Matematika  dibandingkan
                        dengan tipe pembelajaran yang lain.


                    h.  Belajar Memecahkan Masalah (Problem Solving
                       Learning)

                              Belajar  memecahkan  masalah  adalah  suatu
                        kemampuan  yang  dimiliki  peserta  didik  dimana
                        peserta  didik  selalu  mampu  untuk  memecahkan

                        masalah  yang  dia  temukan.  Pada  hakikatnya
                        pemecahan  masalah  merupakan    tujuan    utama
                        dari  suatu  kegiatan  instruksional.  Guru  harus
                        memberikan  prioritas  pada  usaha  ”bagaimana

                        berpikir  dengan  jelas”  dalam  memecahkan  suatu
                        masalah.  Dalam  kegiatan  instruksional  belajar

                        Matematika  merupakan  hasil  dari  kemampuan-
                        kemampuan yang dapat diamati dan diukur.
                             Menurut  Gagne  (1985)  enam teori belajar


                                             BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN
   210   211   212   213   214   215   216   217   218   219   220