Page 211 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 211

Berdasarkan Teori-Teori Belajar  187
                                          Pendekatan Kegiatan Instruksional

                             Setiap respons yang diinginkan terjadi,  peserta
                        didik menerima penguatan (reinforcement), biasanya
                        berbentuk  kata-kata  pujian.  Sebagai  hasil  dari
                        penguatan  untuk  respons  yang  diinginkan  peserta
                        didik  agar  dapat  membedakan  antara  respons  yang

                        cocok atau respons yang kurang diinginkan.

                    c.  Belajar  Merangkai  Tingkah  Laku  (Behavior
                       Chaining Learning)






















                             Belajar  merangkai  tingkah  laku,  termasuk
                        dalam  jenis    belajar    yang    menunjukkan    adanya
                        dua  atau  lebih  Stimulus-Respons  yang  bergabung
                        bersama. Semua Stimulasi dan Respons dirangkaikan
                        secara berturut untuk dapat digunakan menyelesaikan

                        masalah-masalah  yang  terjadi  atau  yang  tertentu.
                        Supaya rangkaian terjadi, peserta didik harus sudah
                        mempelajari  setiap  mata  rantai  Stimulus-Respons
                        yang diperlukan dalam rantaian.
                             Jika setiap mata rantai telah dipelajari dan

                                             BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN
   206   207   208   209   210   211   212   213   214   215   216