Page 211 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 211
Berdasarkan Teori-Teori Belajar 187
Pendekatan Kegiatan Instruksional
Setiap respons yang diinginkan terjadi, peserta
didik menerima penguatan (reinforcement), biasanya
berbentuk kata-kata pujian. Sebagai hasil dari
penguatan untuk respons yang diinginkan peserta
didik agar dapat membedakan antara respons yang
cocok atau respons yang kurang diinginkan.
c. Belajar Merangkai Tingkah Laku (Behavior
Chaining Learning)
Belajar merangkai tingkah laku, termasuk
dalam jenis belajar yang menunjukkan adanya
dua atau lebih Stimulus-Respons yang bergabung
bersama. Semua Stimulasi dan Respons dirangkaikan
secara berturut untuk dapat digunakan menyelesaikan
masalah-masalah yang terjadi atau yang tertentu.
Supaya rangkaian terjadi, peserta didik harus sudah
mempelajari setiap mata rantai Stimulus-Respons
yang diperlukan dalam rantaian.
Jika setiap mata rantai telah dipelajari dan
BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN