Page 206 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 206

182         Pendekatan Kegiatan Instruksional
                Berdasarkan Teori-Teori Belajar

           teori  belajar  dan  pendekatan  yang  digunakan.  Banyak  para
           ahli mengakui bahwa disebabkan oleh perbedaan karaktristik,

           peserta didik akan lebih beruntung, bila dapat menggunakan
           teori  belajar  dan  pendekatan  yang  tepat  dengan  karaktristik

           yang dimiliki peserta didik. Perlu penelitian yang lebih banyak
           untuk  mengidentifikasi karaktristik  peserta didik mana  yang
           dapat disesuaikan dengan teori belajar dan pendekatan yang

           digunakan.  Di  samping  itu,  harus  di  pahami  juga  bahwa
           peserta didik sedang mengalami perkembangan dalam tingkat

           berpikirnya.  Dalam  setiap  kegiatan  instruksional  diperlukan
           satu atau beberapa teori belajar dan pendekatan yang berbeda-
           beda agar tujuan pembelajaran dapat dicapai dengan mudah.


                 Penerapan  teori  belajar  dan  pendekatannya  harus
           dilakukan  oleh  guru,  agar  kegiatan  instruksional  tercapai

           secara maksimal, dimana kegiatan instruksional dapat diukur
           dari hasil belajar peserta didik. Oleh karena itulah, di dalam
           bab lima ini dibahas beberapa teori belajar dan pendekatannya

           yang dapat digunakan secara tepat oleh guru. Tujuannya agar
           memudahkan  guru  untuk  memilih  dan  menerapkan  dengan

           benar  sesuai  dengan  capaian  belajar  yang  telah  ditentukan.
           Kegiatan  instruksional  berdasarkan  teori-teori  belajar  yang
           ditulis  dalam  buku  ini  yang  selama  ini  menjadi  bagian  dari

           teknologi pembelajaran. Selanjutnya, dalam uraian berikut ini
           akan dijelaskan tentang teori belajar dan pendekatannya satu

           persatu secara rinci.


           PROFIL GURU MASA DEPAN
   201   202   203   204   205   206   207   208   209   210   211