Page 206 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 206
182 Pendekatan Kegiatan Instruksional
Berdasarkan Teori-Teori Belajar
teori belajar dan pendekatan yang digunakan. Banyak para
ahli mengakui bahwa disebabkan oleh perbedaan karaktristik,
peserta didik akan lebih beruntung, bila dapat menggunakan
teori belajar dan pendekatan yang tepat dengan karaktristik
yang dimiliki peserta didik. Perlu penelitian yang lebih banyak
untuk mengidentifikasi karaktristik peserta didik mana yang
dapat disesuaikan dengan teori belajar dan pendekatan yang
digunakan. Di samping itu, harus di pahami juga bahwa
peserta didik sedang mengalami perkembangan dalam tingkat
berpikirnya. Dalam setiap kegiatan instruksional diperlukan
satu atau beberapa teori belajar dan pendekatan yang berbeda-
beda agar tujuan pembelajaran dapat dicapai dengan mudah.
Penerapan teori belajar dan pendekatannya harus
dilakukan oleh guru, agar kegiatan instruksional tercapai
secara maksimal, dimana kegiatan instruksional dapat diukur
dari hasil belajar peserta didik. Oleh karena itulah, di dalam
bab lima ini dibahas beberapa teori belajar dan pendekatannya
yang dapat digunakan secara tepat oleh guru. Tujuannya agar
memudahkan guru untuk memilih dan menerapkan dengan
benar sesuai dengan capaian belajar yang telah ditentukan.
Kegiatan instruksional berdasarkan teori-teori belajar yang
ditulis dalam buku ini yang selama ini menjadi bagian dari
teknologi pembelajaran. Selanjutnya, dalam uraian berikut ini
akan dijelaskan tentang teori belajar dan pendekatannya satu
persatu secara rinci.
PROFIL GURU MASA DEPAN