Page 209 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 209

Berdasarkan Teori-Teori Belajar  185
                                          Pendekatan Kegiatan Instruksional

                        instruksional dalam kelas. Yang tidak disengaja
                        ini,  seperti  teguran  guru  terhadap  peserta  didik,
                        apabila peserta didik tidak dapat mengerjakan tugas,
                        teguran  ini  bisa  mengakibatkan  respons  yang  tidak
                        menyenangkan yang akhirnya peserta didik membenci

                        materi  pelajaran  berikutnya.  Oleh  karena  itu,  guru
                        harus  selalu  dapat  mengembangkan  pembelajaran
                        yang memberikan stimulus yang menyenangkan agar
                        dapat menimbulkan emosi yang menyenangkan bagi
                        peserta didik. Pengaruh dari membangun emosi yang
                        menyenangkan sangat besar dampaknya pada prilaku
                        peserta didik.
























                             Menurut  Winata  (2011),  guna  membantu
                        peserta didik berhasil dalam belajar melalui isyarat,
                        yang  dapat  dilakukan  guru  adalah  kedekatan  dan
                        pengulangan.  Untuk  meningkatkan  kemampuan
                        peserta  didik  dalam  menanggapi  tanda  atau  isyarat
                        diharapkan, tanda/simbol yang dipelajari hendaknya

                        disajikan secara berdekatan dengan respons yang
                                             BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN
   204   205   206   207   208   209   210   211   212   213   214