Page 209 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 209
Berdasarkan Teori-Teori Belajar 185
Pendekatan Kegiatan Instruksional
instruksional dalam kelas. Yang tidak disengaja
ini, seperti teguran guru terhadap peserta didik,
apabila peserta didik tidak dapat mengerjakan tugas,
teguran ini bisa mengakibatkan respons yang tidak
menyenangkan yang akhirnya peserta didik membenci
materi pelajaran berikutnya. Oleh karena itu, guru
harus selalu dapat mengembangkan pembelajaran
yang memberikan stimulus yang menyenangkan agar
dapat menimbulkan emosi yang menyenangkan bagi
peserta didik. Pengaruh dari membangun emosi yang
menyenangkan sangat besar dampaknya pada prilaku
peserta didik.
Menurut Winata (2011), guna membantu
peserta didik berhasil dalam belajar melalui isyarat,
yang dapat dilakukan guru adalah kedekatan dan
pengulangan. Untuk meningkatkan kemampuan
peserta didik dalam menanggapi tanda atau isyarat
diharapkan, tanda/simbol yang dipelajari hendaknya
disajikan secara berdekatan dengan respons yang
BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN