Page 205 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 205

Berdasarkan Teori-Teori Belajar  181
                                          Pendekatan Kegiatan Instruksional

                                        BAB 5

                           PENDEKATAN KEGIATAN
                                 INSTRUKSIONAL

                BERDASARKAN TEORI-TEORI BELAJAR


               Pendahuluan

                     anyak  pendapat  para  ahli  tentang  belajar,  berdasarkan

               B  sudut pandang tentang belajar, maka lahirlah berbagai
               macam  teori  dan  pendekatannya.  Landasan  teori  dan

               pendekatannya    yang  dilaksanakan    di  sekolah-sekolah
               merupakan hal yang selalu menarik untuk didiskusikan, karena
               adanya perbedaan karakteristik antara satu peserta didik dengan

                    peserta didik lainnya. Oleh karena itu, diperlukan adanya
               beberapa teori dan pendekatannya yang dapat menjembatani

               perbedaan karakteristik tersebut.


                     Di  samping  itu,  harus  di  pahami  bahwa  peserta  didik

               sedang mengalami perkembangan dalam tingkat berpikirnya.
               Dalam  setiap  kegiatan  instruksional  diperlukan  satu  atau
               beberapa  teori  dan  pendekatannya  yang  berbeda-beda  agar

               tujuan pembelajaran dapat dicapai dengan mudah. Penerapan
               teori dan pendekatannya harus dilakukan agar tujuan kegiatan
               instruksional tercapai secara maksimal, yang dapat diukur dari

               peningkatan hasil belajar peserta didik. Oleh karena itu, hampir
               semua  para  pendidik  sependapat  bahwa  karaktristik  peserta

               didik haruslah diperhatikan dan dipertimbangkan bila memilih
                                             BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN
   200   201   202   203   204   205   206   207   208   209   210