Page 205 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 205
Berdasarkan Teori-Teori Belajar 181
Pendekatan Kegiatan Instruksional
BAB 5
PENDEKATAN KEGIATAN
INSTRUKSIONAL
BERDASARKAN TEORI-TEORI BELAJAR
Pendahuluan
anyak pendapat para ahli tentang belajar, berdasarkan
B sudut pandang tentang belajar, maka lahirlah berbagai
macam teori dan pendekatannya. Landasan teori dan
pendekatannya yang dilaksanakan di sekolah-sekolah
merupakan hal yang selalu menarik untuk didiskusikan, karena
adanya perbedaan karakteristik antara satu peserta didik dengan
peserta didik lainnya. Oleh karena itu, diperlukan adanya
beberapa teori dan pendekatannya yang dapat menjembatani
perbedaan karakteristik tersebut.
Di samping itu, harus di pahami bahwa peserta didik
sedang mengalami perkembangan dalam tingkat berpikirnya.
Dalam setiap kegiatan instruksional diperlukan satu atau
beberapa teori dan pendekatannya yang berbeda-beda agar
tujuan pembelajaran dapat dicapai dengan mudah. Penerapan
teori dan pendekatannya harus dilakukan agar tujuan kegiatan
instruksional tercapai secara maksimal, yang dapat diukur dari
peningkatan hasil belajar peserta didik. Oleh karena itu, hampir
semua para pendidik sependapat bahwa karaktristik peserta
didik haruslah diperhatikan dan dipertimbangkan bila memilih
BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN