Page 208 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 208
184 Pendekatan Kegiatan Instruksional
Berdasarkan Teori-Teori Belajar
1. Pendekatan Kegiatan Instruksional Berbasis
Teori Robert Gagne
Robert Gagne (1985) adalah seorang Psikologi
Pendidikan yang memperkenalkan pendekatan kegiatan
instruksional melalui model atau teori pemrosesan
informasi atau penyimpanan informasi dalam belajar yang
terjadi pada manusia. Menurut Gagne (1985), ada delapan
pendekatan kegiatan instruksional berdasarkan teori yang
dilakukan secara prosedural atau hierarki dalam belajar.
Kedelapan teori yang digunakan untuk pendekatan
kegiatan instruksional tersebut adalah sebagai berikut :
a. Belajar Sinyal (Signal Learning),
Belajar terjadi apabila ada suatu stimulus yang
tidak disengaja dapat menimbulkan respons yang
emosional. Hal ini sering terjadi di dalam kegiatan
PROFIL GURU MASA DEPAN