Page 208 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 208

184         Pendekatan Kegiatan Instruksional
                Berdasarkan Teori-Teori Belajar

            1.  Pendekatan Kegiatan Instruksional Berbasis
               Teori Robert Gagne


























                     Robert  Gagne  (1985)  adalah  seorang  Psikologi
               Pendidikan  yang  memperkenalkan  pendekatan  kegiatan

               instruksional  melalui  model  atau  teori  pemrosesan
               informasi atau penyimpanan informasi dalam belajar yang
               terjadi pada manusia. Menurut Gagne (1985), ada delapan
               pendekatan kegiatan instruksional berdasarkan teori yang
               dilakukan secara prosedural atau hierarki dalam belajar.

               Kedelapan  teori  yang  digunakan  untuk  pendekatan
               kegiatan instruksional tersebut adalah sebagai berikut :


                a.  Belajar Sinyal (Signal Learning),
                         Belajar terjadi apabila ada suatu stimulus yang
                    tidak  disengaja  dapat  menimbulkan  respons  yang
                    emosional. Hal ini sering terjadi di dalam kegiatan


           PROFIL GURU MASA DEPAN
   203   204   205   206   207   208   209   210   211   212   213