Page 213 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 213

Berdasarkan Teori-Teori Belajar  189
                                          Pendekatan Kegiatan Instruksional

                             Dalam kegiatan instruksional, sering terjadi
                        salah  pengertian  mengenai  istilah  verbal  yang
                        digunakan, sebab istilah ini selalu berasosiasi dalam

                        pengertian dan konsep yang lebih kompleks apabila
                        menyebutkan suatu definisi.

                    e.  Belajar    Diskriminasi      Ganda       (Multiple
                       Discrimination)

                             Belajar diskriminisasi ganda, tujuannya adalah
                        agar  peserta  didik  bisa  belajar  membedakan  objek-
                        objek  menurut  karakteristiknya,  mengenal  berbagai
                        objek fisik dan objek konseptual yang ada di dalam

                        lingkungannya.  Dengan  kata  lain,  guru  lebih  dulu
                        memberikan  peserta  didik  memahami  dua  konsep
                        yang berbeda secara sederhana.


                             Selanjutnya  peserta  didik  dapat  menerapkan
                        dua pengertian konsep yang karakteristiknya berbeda
                        di dalam memberikan respons.























                                             BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN
   208   209   210   211   212   213   214   215   216   217   218