Page 212 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 212
188 Pendekatan Kegiatan Instruksional
Berdasarkan Teori-Teori Belajar
dikuasai rantaian dapat dilakukan dengan cara
membantu dan memberi kesempatan kepada peserta
didik menyusun dalam rangkaian yang lebih benar,
semua kegiatan yang berkaitan dengan Stimulus-
Respons untuk rantaian tersebut. Jika peserta didik
berhasil melaksanakannya dengan baik, sebaiknya
guru kembali memberikan penguatan kepada peserta
didik.
d. Belajar Asosiasi Verbal (Verbal Association)
Model belajar Asosiasi Verbal ini sangat penting
dalam kegiatan instruksional, model ini termasuk
dalam jenis belajar yang bersifat rangkaian verbal,
tujuannya untuk menyatakan ide atau argumentasi.
Bentuk asosiasi verbal yang paling sederhana,
misalnya dalam mata pelajaran Matematika, jika
melihat tanda + maka ini berarti menambah. Ini
berarti juga dapat mengaitkan informasi lama yang
sudah dikuasai peserta didik dengan konsep yang
baru lainnya seperti mengali atau menambah.
PROFIL GURU MASA DEPAN