Page 212 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 212

188         Pendekatan Kegiatan Instruksional
                Berdasarkan Teori-Teori Belajar

                    dikuasai  rantaian  dapat  dilakukan  dengan  cara
                    membantu dan memberi kesempatan kepada peserta
                    didik menyusun dalam rangkaian yang lebih benar,
                    semua  kegiatan  yang  berkaitan  dengan  Stimulus-
                    Respons  untuk  rantaian  tersebut.  Jika  peserta  didik

                    berhasil  melaksanakannya  dengan  baik,  sebaiknya
                    guru kembali memberikan penguatan kepada peserta
                    didik.

                d.  Belajar Asosiasi Verbal (Verbal Association)
                         Model belajar Asosiasi Verbal ini sangat penting
                    dalam  kegiatan  instruksional,  model  ini  termasuk

                    dalam  jenis  belajar  yang  bersifat  rangkaian  verbal,
                    tujuannya  untuk  menyatakan  ide  atau  argumentasi.
                    Bentuk  asosiasi  verbal  yang  paling  sederhana,
                    misalnya  dalam  mata  pelajaran  Matematika,  jika
                    melihat  tanda  +  maka  ini  berarti  menambah.  Ini
                    berarti  juga  dapat  mengaitkan  informasi  lama  yang
                    sudah  dikuasai  peserta  didik  dengan  konsep  yang
                    baru lainnya seperti mengali atau menambah.





















           PROFIL GURU MASA DEPAN
   207   208   209   210   211   212   213   214   215   216   217