Page 210 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 210

186         Pendekatan Kegiatan Instruksional
                Berdasarkan Teori-Teori Belajar

                    dikehendaki. Di samping itu, semakin sering tanda/
                    simbol dan tanggapan diulang semakin cepat peserta
                    didik merespon atau menanggapi tanda/simbol yang
                    disajikan.


                b.  Belajar  Stimulus  Respon  (Stimulus-Respons-
                   Learning)
                         Kegiatan  instruksional  berbasis  teori  respons-
                    stimulus,  yang  menyatakan  respon  adalah  akibat
                    adanya  stimulus.  Implikasi  dari  konsep  ini  dalam
                    kegiatan  instruksional,  materi  atau  bahan  pelajaran
                    yang  diberikan  untuk  peserta  didik  dipilih  yang

                    menarik,  agar  menimbulkan  respons  secara  tepat
                    untuk  mendorong peserta didik belajar. Guru harus
                    dapat  menciptakan  kondisi-kondisi  belajar  yang
                    efektif dan menyenangkan untuk meningkatkan hasil
                    belajar peserta didik.



























           PROFIL GURU MASA DEPAN
   205   206   207   208   209   210   211   212   213   214   215