Page 210 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 210
186 Pendekatan Kegiatan Instruksional
Berdasarkan Teori-Teori Belajar
dikehendaki. Di samping itu, semakin sering tanda/
simbol dan tanggapan diulang semakin cepat peserta
didik merespon atau menanggapi tanda/simbol yang
disajikan.
b. Belajar Stimulus Respon (Stimulus-Respons-
Learning)
Kegiatan instruksional berbasis teori respons-
stimulus, yang menyatakan respon adalah akibat
adanya stimulus. Implikasi dari konsep ini dalam
kegiatan instruksional, materi atau bahan pelajaran
yang diberikan untuk peserta didik dipilih yang
menarik, agar menimbulkan respons secara tepat
untuk mendorong peserta didik belajar. Guru harus
dapat menciptakan kondisi-kondisi belajar yang
efektif dan menyenangkan untuk meningkatkan hasil
belajar peserta didik.
PROFIL GURU MASA DEPAN