Page 219 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 219
Berdasarkan Teori-Teori Belajar 195
Pendekatan Kegiatan Instruksional
psikologisnya menekankan pada hubungan antara orang
dengan lingkungan psikologinya secara bersamaan dan
saling berhubungan secara timbal balik.
Disisi lain, menurut kegiatan instruksional berbasis
teori perkembangan psikologi kognitif Piaget, ada tiga
fungsi perkembangan kognitif anak dalam kegiatan
instruksional yaitu:
Pertama : perkembangan kognitif dalam kegiatan
instruksional terdiri dari tiga tahapan yaitu :
a. Pengintegrasian (Asimilasi),
b. Pengolahan (Akomodasi), dan
c. Penyeimbangan (Eguilibrasi).
Asimilasi adalah proses pengintegrasian atau
penyerapan informasi baru atau pengalaman baru ke
dalam struktur kognitif yang sudah ada dalam pikiran
peserta didik. Contohnya, seorang peserta didik sudah
mengerti tentang prinsip bagaimana cara menjumlahkan
angka-angka, selanjutnya guru memberikan pelajaran
baru mengenai perkalian. Pada saat ini, sedang terjadi
suatu asimilasi di dalam pikiran peserta didik, antara
pengalaman lama yang sudah ada dengan pengetahuan
yang baru diterima.
Akomodasi adalah hasil penyusunan kembali
(restructuring) pikiran sebagai akibat masuknya
pengalaman dan informasi baru (assimilasi). Selanjutnya,
diperlukan proses keseimbangan antara dunia luar dan
BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN