Page 223 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 223
Berdasarkan Teori-Teori Belajar 199
Pendekatan Kegiatan Instruksional
Menurut Solso (1991), model perkembangan
psikologi kognitif ini terbukti memenuhi berbagai
persyaratan sebagai model yang dapat diterima. Model
belajar tersebut komprehensif dan dapat menjadi sumber
hipotesa dan prediksi dalam Kegiatan Instruksional.
Namun, mengingat pekerjaan yang harus dilakukan
dalam memahami proses kognitif peserta didik yang rumit,
usaha kreatif membuat model-model dapat dijustifikasi
sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Analisis
mengenai bagaimana informasi dideteksi, direpresentasi,
ditransformasi menjadi pengetahuan, dan bagaimana
pengetahuan tersebut dimanfaatkan dapat dilakukan oleh
seorang guru yang sedang memberi materi pelajaran
kepada peserta didik.
3. Pendekatan Kegiatan Instruksional Berbasis Teori
Algoritmik-Heuristik (Algo Heuristik)
Thomas Dwyer di dalam Taylor (1980), adalah
seorang ahli Matematika yang menggunakan dua
pendekatan sistematis dalam kegiatan instruksional
BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN