Page 223 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 223

Berdasarkan Teori-Teori Belajar  199
                                          Pendekatan Kegiatan Instruksional

                         Menurut  Solso  (1991),  model  perkembangan
                   psikologi  kognitif  ini  terbukti  memenuhi  berbagai
                   persyaratan  sebagai  model  yang  dapat  diterima.  Model
                   belajar tersebut komprehensif dan dapat menjadi sumber
                   hipotesa dan prediksi dalam Kegiatan Instruksional.


                         Namun, mengingat pekerjaan yang harus dilakukan
                   dalam memahami proses kognitif peserta didik yang rumit,
                   usaha  kreatif  membuat  model-model  dapat  dijustifikasi
                   sesuai  dengan  tujuan  yang  ingin  dicapai.  Analisis
                   mengenai bagaimana informasi dideteksi, direpresentasi,
                   ditransformasi  menjadi  pengetahuan,  dan  bagaimana

                   pengetahuan tersebut dimanfaatkan dapat dilakukan oleh
                   seorang  guru  yang  sedang  memberi  materi  pelajaran
                   kepada peserta didik.


                3.   Pendekatan   Kegiatan   Instruksional   Berbasis   Teori
                   Algoritmik-Heuristik (Algo Heuristik)


















                         Thomas  Dwyer  di  dalam  Taylor  (1980),  adalah
                   seorang  ahli  Matematika  yang  menggunakan  dua

                   pendekatan sistematis dalam kegiatan  instruksional
                                             BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN
   218   219   220   221   222   223   224   225   226   227   228