Page 225 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 225

Berdasarkan Teori-Teori Belajar  201
                                          Pendekatan Kegiatan Instruksional

                             Menurut Landa (1994), pendekatan Algoritmik
                        adalah  sebagai  suatu  pendekatan  yang  berkaitan
                        dengan  aktivitas  belajar  prosedur.  Pendekatan  ini

                        terutama  banyak  digunakan  dalam  mata  pelajaran
                        Matematika  untuk  pemecahan  masalah.  Kelebihan
                        dari pendekatan ini, adalah memberikan struktur dan

                        ketepatan dari suatu proses yang tidak jelas menjadi
                        jelas.  Pendekatan  ini  menjelaskan  urutan  aktivitas
                        untuk  mencapai  tujuan  yang  dapat  diukur,  diawali
                        dengan menspesifikasikan outputnya untuk mencapai
                        kemampuan  tertentu  setelah  diketahui  apa  yang

                        menjadi  tujuan  belajarnya,  selanjutnya  dirancang
                        suatu prosedur untuk mencapai tujuan tersebut.

                             Dengan kata lain, kegiatan instruksional untuk
                        pemecahan  masalah  tergantung  dari  tujuan  yang

                        hendak  dicapai.  Tujuan  pembelajaran  yang  akan
                        dicapai  adalah  untuk  memaksimalkan  kegiatan
                        instruksional  peserta    didik    dalam    pencapaian
                        tujuan  tersebut.  Dalam  menyajikan  pelajaran  yang

                        di  dalamnya  banyak  problem  dapat  dilakukan
                        pemecahan     masalah    secara   praktis   dengan
                        menggunakan  prosedur  Algoritmik  ini.  Pemecahan
                        masalah adalah bagaimana menemukan jalan keluar

                        dari suatu yang sukar dan penuh rintangan agar dapat
                        mencapai tujuan.

                             Pendekatan     pemecahan     masalah    dalam
                        Matematika membantu peserta didik meningkatkan


                                             BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN
   220   221   222   223   224   225   226   227   228   229   230