Page 225 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 225
Berdasarkan Teori-Teori Belajar 201
Pendekatan Kegiatan Instruksional
Menurut Landa (1994), pendekatan Algoritmik
adalah sebagai suatu pendekatan yang berkaitan
dengan aktivitas belajar prosedur. Pendekatan ini
terutama banyak digunakan dalam mata pelajaran
Matematika untuk pemecahan masalah. Kelebihan
dari pendekatan ini, adalah memberikan struktur dan
ketepatan dari suatu proses yang tidak jelas menjadi
jelas. Pendekatan ini menjelaskan urutan aktivitas
untuk mencapai tujuan yang dapat diukur, diawali
dengan menspesifikasikan outputnya untuk mencapai
kemampuan tertentu setelah diketahui apa yang
menjadi tujuan belajarnya, selanjutnya dirancang
suatu prosedur untuk mencapai tujuan tersebut.
Dengan kata lain, kegiatan instruksional untuk
pemecahan masalah tergantung dari tujuan yang
hendak dicapai. Tujuan pembelajaran yang akan
dicapai adalah untuk memaksimalkan kegiatan
instruksional peserta didik dalam pencapaian
tujuan tersebut. Dalam menyajikan pelajaran yang
di dalamnya banyak problem dapat dilakukan
pemecahan masalah secara praktis dengan
menggunakan prosedur Algoritmik ini. Pemecahan
masalah adalah bagaimana menemukan jalan keluar
dari suatu yang sukar dan penuh rintangan agar dapat
mencapai tujuan.
Pendekatan pemecahan masalah dalam
Matematika membantu peserta didik meningkatkan
BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN