Page 228 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 228

204         Pendekatan Kegiatan Instruksional
                Berdasarkan Teori-Teori Belajar

                    Pertama:  Algoritmik  bisa  digunakan  untuk
                               perkembangan  kognitif  peserta  didik

                               lebih optimal.
                    Kedua  :  Algoritmik  bisa  digunakan  oleh  guru

                               untuk  mengajar  peserta  didik  dalam
                               mata  pelajaran  lain  atau  masalah
                               kehidupan lainnya.

                    Ketiga  :  Algoritmik  bisa  digunakan  oleh
                               seseorang  untuk  digunakan  menolong

                               Dosen  belajar  bagaimana  mengajar
                               peserta didik.

                b.  Pendekatan Heuristik

                         Menurut  Dwyer,  Pendekatan  Heuristik
                    merupakan  pengembangan  dan  akselerasi  untuk

                    memecahkan berbagai macam masalah. Pendekatan
                    ini adalah suatu prinsip atau pedoman yang dapat
                    membantupesertadidikdalammengambilkeputusan

                    atau   menemukan   hal   yang   baru.  Pendekatan
                    ini  merupakan  proses  pemecahan  masalah  yang

                    independen (bebas) dengan menerapkan prosedur
                    yang rumit yang belum diketahui sebelumnya, atau
                    prosedur dasar yang dilakukan dalam kondisi yang

                    belum  diatur.  Pendekatan  Heuristik  berorientasi
                    pada peningkatan kemampuan berpikir Sistimatis,

                    Diagramatik, dan Lateral.


           PROFIL GURU MASA DEPAN
   223   224   225   226   227   228   229   230   231   232   233