Page 232 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 232
208 Pendekatan Kegiatan Instruksional
Berdasarkan Teori-Teori Belajar
penguatan (reinforcement), atau operant conditioning.
Skinner telah memberikan sumbangan yang berarti
kepada pemahaman tingkah laku, khususnya yang
berkaitan dengan belajar. Belajar disini merupakan
perubahan tingkah laku yang terjadi berdasarkan
paradigma S-R (Stimulus –Respons) yaitu: suatu proses
yang memberikan respons tertentu terhadap yang datang
dari luar. Behaviorisme menekankan pada apa yang dilihat
yaitu, tingkah laku, serta kurang memperhatikan apa
yang terjadi dalam pikiran seseorang, karena tidak dapat
dilihat. Pendapat beberapa orang ahli, mengatakan bahwa
teori behaviorisme kurang ilmiah, karena seluruh tingkah
laku ditentukan oleh atur-aturan dan bisa diramalkan atau
dengan kata lain dapat dikendalikan. Konsep dasar teori
ini adalah tingkah laku dapat dibentuk dengan secara
berulang-berulang, tingkah laku itu dipancing dengan
sesuatu yang memang dapat menimbulkan tingkah laku.
PROFIL GURU MASA DEPAN