Page 232 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 232

208         Pendekatan Kegiatan Instruksional
                Berdasarkan Teori-Teori Belajar

               penguatan  (reinforcement),  atau  operant  conditioning.
               Skinner  telah  memberikan  sumbangan  yang  berarti
               kepada  pemahaman  tingkah  laku,  khususnya  yang
               berkaitan  dengan  belajar.  Belajar  disini  merupakan

               perubahan  tingkah  laku  yang  terjadi  berdasarkan
               paradigma S-R (Stimulus –Respons) yaitu: suatu proses
               yang memberikan respons tertentu terhadap yang datang
               dari luar. Behaviorisme menekankan pada apa yang dilihat
               yaitu,  tingkah  laku,  serta  kurang  memperhatikan  apa
               yang terjadi dalam pikiran seseorang, karena tidak dapat
               dilihat. Pendapat beberapa orang ahli, mengatakan bahwa

               teori behaviorisme kurang ilmiah, karena seluruh tingkah
               laku ditentukan oleh atur-aturan dan bisa diramalkan atau
               dengan kata lain dapat dikendalikan. Konsep dasar teori
               ini  adalah  tingkah  laku  dapat  dibentuk  dengan  secara
               berulang-berulang,  tingkah  laku  itu  dipancing  dengan
               sesuatu yang memang dapat menimbulkan tingkah laku.



























           PROFIL GURU MASA DEPAN
   227   228   229   230   231   232   233   234   235   236   237