Page 227 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 227
Berdasarkan Teori-Teori Belajar 203
Pendekatan Kegiatan Instruksional
Landa (1994) telah berhasil menerapkan
pendekatan ini melalui pemecahan masalah yang
efektif dalam mata pelajaran Matematika. Ia
mengajarkan suatu materi pelajaran yang abstrak,
kompleks dan susah diamati dengan menggunakan
pendekatan Algoritmik ini. Disamping itu,
menurut Landa penemuan Algoritmik merupakan
penyelesaian masalah Matematika yang
menghasilkan perubahan yang radikal atau
dapat dikatakan suatu revolusi di dalam praktek
pengajaran Matematika. Disisi lain, hampir
semua para ahli sependapat bahwa pemecahan
masalah dalam kegiatan instruksional merupakan
pendekatan yang sangat penting. Pendekatan ini
sangat berguna untuk membantu peserta didik
dalam memecahkan berbagai masalah belajar yang
ditemuinya. Kemampuan pemecahan masalah bagi
peserta didik merupakan hal yang sangat berkaitan
dengan peningkatan hasil belajar peserta didik.
Dengan menggunakan pendekatan ini, peserta
didik akan lebih mudah belajar untuk memecahkan
berbagai masalah belajar yang dihadapinya.
Ada tiga jenis Algoritmik yang relevan
dengan kegiatan instruksional.
BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN