Page 227 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 227

Berdasarkan Teori-Teori Belajar  203
                                          Pendekatan Kegiatan Instruksional

                             Landa (1994) telah berhasil menerapkan
                        pendekatan  ini  melalui  pemecahan  masalah  yang

                        efektif  dalam  mata  pelajaran  Matematika.  Ia
                        mengajarkan suatu materi pelajaran yang abstrak,

                        kompleks dan susah diamati dengan menggunakan
                        pendekatan  Algoritmik  ini.  Disamping  itu,
                        menurut Landa penemuan Algoritmik merupakan

                        penyelesaian     masalah      Matematika      yang
                        menghasilkan    perubahan    yang    radikal    atau

                        dapat  dikatakan  suatu  revolusi  di  dalam  praktek
                        pengajaran  Matematika.  Disisi  lain,  hampir
                        semua  para  ahli  sependapat  bahwa  pemecahan

                        masalah  dalam  kegiatan  instruksional  merupakan
                        pendekatan  yang  sangat  penting.  Pendekatan  ini
                        sangat  berguna  untuk  membantu  peserta  didik

                        dalam memecahkan berbagai masalah belajar yang
                        ditemuinya. Kemampuan pemecahan masalah bagi
                        peserta didik merupakan hal yang sangat berkaitan

                        dengan  peningkatan  hasil  belajar  peserta  didik.
                        Dengan  menggunakan  pendekatan  ini,  peserta

                        didik akan lebih mudah belajar untuk memecahkan
                        berbagai masalah belajar yang dihadapinya.


                             Ada tiga jenis Algoritmik yang relevan
                        dengan kegiatan instruksional.





                                             BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN
   222   223   224   225   226   227   228   229   230   231   232