Page 237 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 237
Berdasarkan Teori-Teori Belajar 213
Pendekatan Kegiatan Instruksional
2. Pendekatan Kegiatan Instruksional Berbasis Teori
Perkembangan Psikologi Kognitif.
Menurut teori dan pendekatan belajar ini, prilaku
belajar seseorang dipengaruhi faktor dari dalam
internal diri setiap orang, dalam diri setiap individu
telah terbangun ilmu pengetahuan melalui proses
interaksi yang berkesinambungan dengan lingkungan,
dan melibatkan proses berpikir yang sangat kompleks.
3. Pendekatan Kegiatan Instruksional Berbasis Teori
Algoritmik - Heuristik
Dwyer memberikan dua pendekatan yang
berbeda untuk mencapai penguasaan yang berbeda.
a. Pendekatan Algoritmik, adalah sebagai suatu
pendekatan yang berkaitan dengan aktivitas
belajar prosedur. Pendekatan ini terutama banyak
digunakan dalam mata pelajaran Matematika untuk
pemecahan masalah. Kelebihan dari pendekatan
ini, adalah memberikan struktur dan ketepatan
dari suatu proses yang tidak jelas menjadi jelas.
Pendekatan ini menjelaskan urutan aktivitas untuk
mencapai tujuan yang dapat diukur, diawali dengan
menspesifikasikan outputnya untuk mencapai
kemampuan tertentu. Setelah diketahui apa yang
menjadi tujuan belajarnya, selanjutnya dirancang
suatu prosedur untuk mencapai tujuan tersebut.
dengan menggunakan prosedur Algoritmik ini.
BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN