Page 237 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 237

Berdasarkan Teori-Teori Belajar  213
                                          Pendekatan Kegiatan Instruksional

                2.  Pendekatan Kegiatan Instruksional Berbasis  Teori
                   Perkembangan Psikologi Kognitif.
                         Menurut teori dan pendekatan belajar ini, prilaku

                   belajar  seseorang  dipengaruhi  faktor  dari  dalam
                   internal  diri  setiap  orang,  dalam  diri  setiap  individu
                   telah  terbangun  ilmu  pengetahuan  melalui  proses

                   interaksi yang berkesinambungan dengan lingkungan,
                   dan melibatkan proses berpikir yang sangat kompleks.

                3.  Pendekatan Kegiatan Instruksional Berbasis Teori

                   Algoritmik - Heuristik
                           Dwyer  memberikan  dua  pendekatan  yang
                   berbeda untuk mencapai penguasaan yang berbeda.

                    a.  Pendekatan  Algoritmik,  adalah  sebagai  suatu
                       pendekatan  yang  berkaitan  dengan    aktivitas
                       belajar  prosedur.  Pendekatan  ini  terutama  banyak

                       digunakan dalam mata pelajaran Matematika untuk
                       pemecahan  masalah.  Kelebihan  dari  pendekatan
                       ini,  adalah  memberikan  struktur  dan  ketepatan

                       dari  suatu  proses  yang  tidak  jelas  menjadi  jelas.
                       Pendekatan ini menjelaskan urutan aktivitas untuk

                       mencapai tujuan yang dapat diukur, diawali dengan
                       menspesifikasikan  outputnya  untuk  mencapai
                       kemampuan  tertentu.  Setelah  diketahui  apa  yang

                       menjadi  tujuan  belajarnya,  selanjutnya  dirancang
                       suatu  prosedur  untuk  mencapai  tujuan  tersebut.

                       dengan menggunakan prosedur Algoritmik ini.


                                             BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN
   232   233   234   235   236   237   238   239   240   241   242