Page 239 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 239
Berdasarkan Teori-Teori Belajar 215
Pendekatan Kegiatan Instruksional
5. Kegiatan Instruksional BerbasisTeori Behaviorisme.
Behaviorisme menekankan pada apa yang dilihat
yaitu, tingkah laku, serta kurang memperhatikan
apa yang terjadi dalam pikiran seseorang, karena
tidak dapat dilihat. Pendapat beberapa orang ahli,
mengatakan bahwa teori behaviorisme kurang ilmiah,
karena seluruh tingkah laku ditentukan oleh atur-
aturan dan bisa diramalkan atau dengan kata lain dapat
dikendalikan. Konsep dasar teori ini adalah tingkah
laku dapat dibentuk dengan secara berulang-berulang,
tingkah laku itu dipancing dengan sesuatu yang
memang dapat menimbulkan tingkah laku.
Glosarium
Pendekatan Pembelajaran Berbasis Teori Robert Gagne
Memperkenalkan kegiatan instruksional melalui
model atau teori pemrosesan informasi atau
penyimpanan informasi dalam belajar yang terjadi
pada manusia. Kegiatan instruksional berdasarkan
delapan teori yang dilakukan secara prosedural atau
hierarki dalam belajar.
Pendekatan Kegiatan Instruksional Berbasis Teori
Perkembangan Psikologi Kognitif
Tidak mementingkan hasil belajar, tetapi lebih
mementingkan kegiatan instruksional. Prilaku belajar
BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN