Page 239 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 239

Berdasarkan Teori-Teori Belajar  215
                                          Pendekatan Kegiatan Instruksional

                5.  Kegiatan Instruksional BerbasisTeori Behaviorisme.
                         Behaviorisme menekankan pada apa yang dilihat

                   yaitu,  tingkah    laku,    serta    kurang    memperhatikan
                   apa  yang  terjadi  dalam  pikiran  seseorang,  karena

                   tidak  dapat  dilihat.  Pendapat  beberapa  orang  ahli,
                   mengatakan bahwa teori behaviorisme kurang  ilmiah,
                   karena  seluruh  tingkah  laku  ditentukan  oleh  atur-

                   aturan dan bisa diramalkan atau dengan kata lain dapat
                   dikendalikan.  Konsep  dasar  teori  ini  adalah  tingkah
                   laku dapat dibentuk dengan secara berulang-berulang,

                   tingkah  laku  itu  dipancing  dengan  sesuatu  yang
                   memang dapat menimbulkan tingkah laku.


               Glosarium

               Pendekatan Pembelajaran Berbasis Teori Robert Gagne
                     Memperkenalkan  kegiatan  instruksional  melalui
                     model  atau  teori  pemrosesan  informasi  atau

                     penyimpanan  informasi  dalam  belajar  yang  terjadi
                     pada  manusia.  Kegiatan  instruksional  berdasarkan

                     delapan teori yang dilakukan secara prosedural atau
                     hierarki dalam belajar.


               Pendekatan  Kegiatan  Instruksional        Berbasis Teori
               Perkembangan Psikologi  Kognitif
                     Tidak  mementingkan  hasil  belajar,  tetapi  lebih

                     mementingkan kegiatan instruksional. Prilaku belajar

                                             BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN
   234   235   236   237   238   239   240   241   242   243   244