Page 240 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 240
216 Pendekatan Kegiatan Instruksional
Berdasarkan Teori-Teori Belajar
seseorang dipengaruhi faktor dari dalam internal
diri setiap orang, dalam diri setiap individu telah
terbangun ilmu pengetahuan melalui proses interaksi
yang berkesinambungan dengan lingkungan, dan
melibatkan proses berpikir yang sangat kompleks.
Pendekatan Kegiatan Instruksional Berbasis Teori
Algoritmik - Heuristik (Algo Heuristik)
Menggunakan dua pendekatan sistematis dalam
kegiatan instruksional Matematika. Pendekatan
sistematis tersebut adalah model pendekatan
Algoritmik dan Heuristik atau Algo-Heuristik. Dua
pendekatan yang berbeda untuk mencapai penguasaan
yang berbeda. Pendekatan Heuristik merupakan
pengembangan dan akselerasi untuk memecahkan
berbagai macam masalah. Pendekatan Heuristik
berorientasi pada peningkatan kemampuan berpikir
Sistimatis, Diagramatik, dan Lateral.
Kegiatan Instruksional Berbasis Teori Konstruktivisme
Memperhatikan proses bagaimana para peserta didik
membangun (constructs) pengetahuan. Bagaimana
mereka menyusun berbagai pengalaman tersebut
menjadi struktur-struktur pengetahuan, dan keyakinan
yang mereka terapkan untuk menginterpretasikan
berbagai objek dan kejadian yang mereka temui.
Kegiatan Instruksional Berbasis Teori Behaviorisme
Belajar disini merupakan perubahan tingkah laku
yang terjadi berdasarkan paradigma S-R (Stimulus–
Respons) yaitu: suatu proses yang memberikan
PROFIL GURU MASA DEPAN