Page 238 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 238
214 Pendekatan Kegiatan Instruksional
Berdasarkan Teori-Teori Belajar
b. Pendekatan Heuristik merupakan pengembangan
dan akselerasi untuk memecahkan berbagai macam
masalah. Pendekatan ini adalah suatu prinsip atau
pedoman yang dapat membantu peserta didik
dalam mengambil keputusan atau menemukan
hal yang baru. Pendekatan ini merupakan proses
pemecahan masalah yang independen (bebas)
dengan menerapkan prosedur yang rumit yang
belum diketahui sebelumnya, atau prosedur dasar
yang dilakukan dalam kondisi yang belum diatur.
4. Kegiatan Instruksional Berbasis Teori
Konstruktivisme
Konstruktivisme memperhatikan proses
bagaimana para peserta didik membangun (constructs)
pengetahuan. Bagaimana mereka menyusun berbagai
pengalaman tersebut menjadi struktur-struktur
pengetahuan, dan keyakinan yang mereka terapkan
untuk menginterpretasikan berbagai objek dan kejadian
yang mereka temui. Pandangan teori ini menempatkan
peserta didik yang belajar sebagai subjek yang memiliki
potensi untuk dikembangkan dengan penalarannya
sendiri. Teori dan pendekatan belajar ini berpendapat
bahwa peserta didik belajar sebagai hasil dari
pengalaman-pengalaman mereka. Menghubungkan apa
yang mereka ketahui dengan apa yang mereka pelajari.
PROFIL GURU MASA DEPAN