Page 238 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 238

214         Pendekatan Kegiatan Instruksional
                Berdasarkan Teori-Teori Belajar

                b.  Pendekatan Heuristik merupakan pengembangan
                   dan akselerasi untuk memecahkan berbagai macam

                   masalah. Pendekatan ini adalah suatu prinsip atau
                   pedoman  yang  dapat  membantu  peserta  didik

                   dalam  mengambil  keputusan    atau    menemukan
                   hal  yang  baru.  Pendekatan  ini  merupakan  proses
                   pemecahan  masalah  yang  independen  (bebas)

                   dengan  menerapkan  prosedur  yang  rumit  yang
                   belum  diketahui  sebelumnya,  atau  prosedur  dasar

                   yang dilakukan dalam kondisi yang belum diatur.

            4.  Kegiatan       Instruksional       Berbasis      Teori
               Konstruktivisme

                     Konstruktivisme       memperhatikan        proses
               bagaimana para peserta didik membangun (constructs)

               pengetahuan.  Bagaimana  mereka  menyusun  berbagai
               pengalaman      tersebut    menjadi    struktur-struktur
               pengetahuan,  dan  keyakinan  yang  mereka  terapkan

               untuk menginterpretasikan berbagai objek dan kejadian
               yang mereka temui. Pandangan teori ini menempatkan

               peserta didik yang belajar sebagai subjek yang memiliki
               potensi  untuk  dikembangkan  dengan  penalarannya
               sendiri. Teori dan pendekatan belajar ini berpendapat

               bahwa  peserta  didik  belajar  sebagai  hasil  dari
               pengalaman-pengalaman mereka. Menghubungkan apa

               yang mereka ketahui dengan apa yang mereka pelajari.


           PROFIL GURU MASA DEPAN
   233   234   235   236   237   238   239   240   241   242   243