Page 233 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 233
Berdasarkan Teori-Teori Belajar 209
Pendekatan Kegiatan Instruksional
Jika disederhanakan, prosedur pembentukan tingkah
laku dalam operant conditioning adalah sebagai berikut:
a. Dilakukan identifikasi mengenai hal-hal apa yang
merupakan hadiah (reinforcement) bagi tingkah laku
yang akan dibentuk itu.
b. Dilakukan analisis untuk mengidentifikasi komponen-
komponen kecil yang membentuk tingkah laku yang
dimaksud. Komponen-komponen itu disusun dalam
urutan yang tepat untuk menuju kepada terbentuknya
tingkah laku yang dimaksud.
c. Komponen tersebut dipergunakan secara urut yang
telah tersusun itu.
Jika komponen pertama telah dilakukan, maka
hadiahnya diberikan, hal ini akan mengakibatkan
komponen itu makin cenderung untuk sering dilakukan.
Kalau ini sudah terbentuk, dilakukannya komponen
kedua yang diberi hadiah (komponen pertama tidak lagi
memerlukan hadiah), demikian berulang-ulang sampai
komponen kedua terbentuk. Setelah itu dilanjutkan
dengan komponen ketiga, keempat, dan selanjutnya
sampai seluruh tingkah laku yang diharapkan terbentuk.
Didalam kenyataannya, prosedur itu banyak
sekali variasinya dan lebih kompleks dari pada apa
yang dikemukakan diatas. Respons yang diberikan
ini dapat sesuai atau tidak sesuai seperti apa yang
diharapkan. Respons yang benar perlu diberi penguatan
(reinforcement) agar orang ingin melakukannya kembali.
BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN